Selasa, 12 November 2013

Saat Ku Lelah...

Menjadi seorang ibu rumah tangga yang mengurusi dua orang anak dengan jarak umur yang berdekatan bukanlah perkara yang mudah (setidaknya menurutku..).
Terkadang rasa lelah..penat..emosi..datang menghampiri..astaghfirullah..

Saat itulah..teringat akan sebuah nasihat dari seseorang yang mengingatkanku akan sebuah kisah yang sangat layak untuk dipetik hikmahnya..

Kisah ini disebutkan dalam sebuah hadits yang artinya :
"Ali berkata, Fathimah mengeluhkan bekas alat penggiling yang dialaminya. Lalu pada saat itu ada seorang tawanan yang mendatangai Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. Maka Fathimah bertolak, namun tidak bertemu dengan beliau. Dia mendapatkan Aisyah. Lalu dia mengabarkan kepadanya. Tatkala Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam tiba, Aisyah mengabarkan kedatangan Fathimah kepada beliau. Lalu beliau mendatangi kami, yang kala itu kami hendak berangkat tidur. Lalu aku siap berdiri, namun beliau berkata. 'Tetaplah di tempatmu'. Lalu beliau duduk di tengah kami, sehingga aku bisa merasakan dinginnya kedua telapak kaki beliau di dadaku. Beliau berkata. 'Ketahuilah, akan kuajarkan kepadamu sesuatu yang lebih baik dari pada apa yang engkau minta kepadaku. Apabila engkau hendak tidur, maka bertakbirlah tiga puluh empat kali, bertasbihlah tiga puluh tiga kali, dan bertahmidlah tiga puluh tiga kali, maka itu lebih baik bagimu daripada seorang pembantu". (Hadits Shahih, ditakhrij Al-Bukhari 4/102, Muslim 17/45, Abu Dawud hadits nomor 5062, At-Tirmidzi hadits nomor 3469, Ahmad 1/96, Al-Baihaqy 7/293)

Subhaanallah..ternyata keletihan yang kita rasakan, kepenatan yang terkadang kita alami juga pernah dirasakan oleh Fathimah radhiyallaahu 'anhaa, putri kesayangan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam, penghulu para wanita untuk masuk ke dalam syurga. Bahkan, keletihan yang kita alami belumlah seberapa dibandingkan keletihan yang beliau radhiyallahu 'anhaa alami selama menjadi seorang istri dari sahabat yang mulia Ali radhiyallaahu 'anhu.

Tapi apa solusi yang diberikan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam kepada Fathimah sewaktu Fathimah datang kepada beliau shallallaahu 'alaihi wasallam meminta seorang khadim (pembantu) wanita untuk membantunya??!! Beliau shallallaahu 'alaihi wasallam tidak mengabulkan permintaan putrinya namun memberi wasiat bahwa sebelum tidur bertakbir, bertasbih dan bertamhid, masing-masing 33x.

Bukanlah Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam tidak sayang kepada putrinya, malah sebaliknya kita tahu bagaimana kedudukan Fathimah bagi beliau shallallaahu 'alaihi wasallam. Namun, beliau hanya ingin mengajarkan bahwa amalan akhirat lebih utama dari amalan dunia.. dan tentunya dibalik keletihan itu ada pahala yang berlipat ganda..

Saya juga teringat akan cerita seorang sahabat sewaktu ingin meminta khadim kapada suaminya. Lalu apa jawab sang suami?? Jawabnya dengan sebuah pertanyaan, "Maukah pahalamu diambil orang lain??".
Jawaban sederhana namun bagiku, ketika mendengar cerita itu, sangat "dalam"...

Ya Allah! Saya mungkin bukanlah seorang Fathimah tapi berikanlah kesabaran seperti yang kau berikan kepada Fathimah..

Ya Allah! Jadikanlah hamba-Mu menjadi istri yang shalihah..dan jadikanlah amalan-amalanku menjadi washilah untuk aku masuk ke dalam syurga-Mu..

Terkhusus buat ummii:
Syukron ummi.. kini ana merasakan sebagian dari rasa lelahmu ketika merawatku.. salut untukmu..merawat 8 orang anak dengan tanganmu..syukron dengan kesabaranmu..
Doakan anakmu menjadi anak yang shalihah, sehingga menjadi washilah untukmu, untuk masuk ke dalam syurga-Nya..

gambar : http://mylittlestories.files.wordpress.com/2009/06/muslimah-doa_11.jpg

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...