Selasa, 12 November 2013

Pancake

Istilah pancake sebenarnya masih asing bagiku.. tapi pernah nonton tayangan kuliner di salah satu stasiun TV swasta yg menyajikan tentang pancake.. So..seperti biasa.. cari tahu dengan jarimu..he..he.. ternyata pancake itu kue tipis yang biasanya dinikmati hangat sebagai menu sarapan dengan saus aneka buah-buahan, seperti blueberry, raspberry, stroberi, atau madu, dll. Klo di Indonesia mungkin mirip2 dadar gulung kali yah :).
Untuk penyajiannya, saya n zaujii paling doyan pake toping sesu kental manis dengan parutan keju..slurp..rasanya kayak terang bulan keju..he..he..
Nah..setelah saya surfing beberapa resep-resep pancake, pilihanku jatuh ke resep yang satu ini..menurutku..resepnya udah yang paling mudah n murah meriah.. empuk, walaupun tanpa toping perasaan teteup enak koq..

Lebih enak dinikmati sembari meneguk secangkir teh.. ^_^


Bahan :

165 gr tepung terigu
2 sdm gula pasir
2 sdt baking powder
¼ sdt garam
1 butir telur
2 sdm mentega, cairkan
250 ml buttermilk


Kalau tidak ada buttermilk yg sudah jadi bisa dibuat sendiri dengan cara mencampur 250 ml susu plain dengan  1 ½ sdm cuka (atau air perasan jeruk), aduk rata.

Cara Membuat :
  1. Campur tepung terigu, gula pasir, garam dan baking powder.
  2. Masukkan buttermilk (campuran susu + cuka). Aduk rata.
  3. Masukkan telur dan mentega cair, aduk rata (seperti biasa…pakai whisker aja)
  4. Diamkan selama kurang lebih 15 menit ( supaya terigu, telur dan susu atau dalam hal ini buttermilk, benar-benar tercampur dengan sempurna….).  
  5. Tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan datang. Tutup sampai setengah matang dan sudah terbentuk pori-pori di atas permukaan pancake, kemudian balik.
  6. Apabila di rasa adonan terlalu kental tambahkan 1-2 sdm susu atau air, bila terlalu encer bisa ditambahkan 1-2 sdm terigu. Kok bisa begitu ? ya…kan ukuran telur bisa mempengaruhi adonan.




Selamat mencoba! 

Sumber : http://dapurnyarina.blog.com/2008/05/29/pancake

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...