Sabtu, 28 Desember 2013

Barongko Talang

Bagi masyarakat Sulawesi Selatan, siapa sih yang tidak kenal dengan penganan yang satu ini?..Penganan yang berbahan dasar pisang ini begitu jarang absen jika diadakan acara tertentu di daerah, pernikahan misalnya. 

Yang menjadi ciri khas yakni teksturnya yang lembut, berair tentu dengan aroma daun pisangnya. Semakin dingin rasanya semakin enak. Penampakannya seperti bungkus nasi kuning, kalau di kampung-kampung punya cetakan daun pisang sendiri sehingga lebih memudahkan pada saat pembungkusan dan bentuknya lebih seragam.

The real Barongko :)

Sebenarnya penganan ini hanya terdiri dari 4 bahan dasar yakni pisang, telur, gula dan santan. Semakin banyak telurnya semakin enak. Bahkan saya pernah mendengar satu buah pisang (bukan satu sisir ya..) satu telur.

Saya pribadi belum tahu pasti resep dasarnya, belum pernah cari tahu sih.. habisnya dulu cuman bantu-bantuin kerja plus bantu-bantuin makan.. he..he.. tanpa pernah berpikir untuk bertanya resep dasarnya. 

Nah..karena suami sangat suka dengan penganan yang satu ini, jadi ya..mencoba membuat komposisi resep sendiri. Tapi kali ini dengan catatan tanpa daun pisang, habis ribet dan susah nyarinya.. dasar males ya..hihi..

Padahal sebenarnya bukan Barongko namanya klo nggak pake daun pisang. Tetap terasa ada yang “hilang”. Makanya resep kali ini saya namakan “Barongko Talang”. Ngarep walau bukan barongko, tapi mirip-mirip lah..
Mulai resepnya ya..
Bahan :
1 sisir pisang kepok yang matang banget, ambil putihnya saja, sishkan
9 butir telur
6 sdm gula pasir
500 ml santan kental (saya pake Kara)
2 sdm susu bubuk full cream

Cara membuat :
Blender semua bahan jadi satu.
Tuang di talang yang sudah dilapisi plastik
Kukus hingga matang
Nah ini dia penampakan Barongko Talangnya :)








Simple kan!! Selamat mencoba!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...