Senin, 11 November 2013

6 Sebab Mengapa Bayi Menangis

Para ibu tentunya pernah mengalami hal ini, dimana pada waktu-waktu tertentu bayinya menangis, bahkan kadang dalam waktu yang cukup lama. Pada hakikatnya, setiap bayi akan menangis. Dari beberapa sumber disebutkan, bayi normal biasanya menangis hingga jika dijumlahkan bisa mencapai 3 jam dalam sehari.

Bayi adalah makhluk yang lemah dan belum bisa mengerjakan sesuatu secara mandiri. Dia bergantung kepada orang lain untuk menyiapkan makanannya, memperoleh kehangatan dan membebaskan dirinya dari kesulitan yang dialaminya.

Menangis merupakan suatu cara yang dilakukan bayi untuk berkomunikasi dengan orang lain. Menangis adalah bahasa bayi yang bisa mengungkapkan perasaannya ketika lapar, haus, serta membutuhkan kehangatan dan rasa aman.

Untuk para new mom, pada hari-hari pertama mungkin terasa agak sulit, gelisah dan tegang. Tapi insya Allah seiring berjalannya waktu, para orang tua terutama ibu mulai memahami sebab menangis dan berbagai kemauan bayi..

Nah, pada artikel ini akan disebutkan beberapa hal yang biasa menyebabkan bayi menangis :
  1. Membutuhkan makanan. Ini merupakan sebab pertama bayi menangis. Jadi, langkah pertama dilakukan ibu jika bayi menangis adalah dengan menyusuinya. Jika tangisannya belum reda maka kita mengamati sebab-sebab penting lainnya.
  2. Membutuhkan kenyamanan. Kebanyakan bayi menangis jika pakaiannya terlalu sempit atau basah. Terutama di daerah popoknya. Periksa, apakah popoknya sudah sangat lembab atau habis buang air.
  3. Membutuhkan suhu panas yang sesuai. Bayi seringkali menangis karena alergi dingin atau panas yang berlebih. Misalnya karena selimut yang terlalu ketat sehingga menyebabkan gerah. Penting untuk memperhatikan jenis bahan dari pakaian yang digunakan si kecil yang sesuai untuk kondisi suhu pada saat itu
  4. Membutuhkan rasa aman. Kebanyakan bayi akan senang jika berada dekat dengan ibunya dan mendengar suaranya. Hal ini menimbulkan rasa aman tersendiri buat si kecil.
  5. Membutuhkan ketenangan dan tidur. Ada beberapa bayi yang sulit tidur akibat adanya cahaya yang terang/menyilaukan, atau bising di dalam rumah. Sebaiknya memang sedari bayi dibiasakan untuk tidur dalam kondisi gelap. Salah satu alasannya karena hormon melatonin yang berfungsi dalam perkembangan sel dan syaraf diproduksi lebih banyak pada suasana gelap.
  6. Kesulitan fisiologi. Bayi biasanya menangis karena sakit perut atau tidak bisa mengeluarkan udara dari perut dan duburnya. Kesulitan seperti ini akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, jika bayi bersendawa setelah menyusu dan tidur dgn pulas akan membantu bayi beristirahat. Sama halnya ketika bayi sakit, menderita demam dan lainnya.
Semoga bermanfaat..

sumber gambar : http://widyani.org/wp-content/uploads/2009/11/bayi_menangis.png

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...