Selasa, 12 November 2013

Jangan Ajari Mereka Berbohong

Kita semua sepakat bahwa berbohong itu "tidak baik", berbohong itu "dosa.

Hal ini dipertegas oleh hadits Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam tentang larangan berbohong.

Sabda Rosululloh صلى الله عليه وسلم yang artinya:
 Dari Abdulloh dia berkata, Rosululloh صلى الله عليه وسلم bersabda: "Wajib atas kalian untuk jujur, sesungguhnya kejujuran itu akan membimbing kalian menuju ke kebajikan, dan kebajikan akan membimbing menuju surga, dan tidaklah seorang laki-laki itu jujur dan berusaha untuk jujur maka dia akan dicatat di sisi Alloh sebagai siddiiq. Hati-hati kalian dari bohong karena sesungguhnya bohong itu membimbing menuju kefajiran dan kefajiran membimbing menuju ke neraka, dan tidaklah seseorang itu berbohong dan berusaha untuk berbohong maka akan dicatat di sisi Alloh sebagai pembohong".
[HR. Muslim 105-(2607), At Tirmidzi 2099, Ibnu Majah 3981, Malik 3627, Ahmad 3710, Ibnu Hibban 509, Al Baihaqi 21338, dan lain-lain, Maktabah Asy Syamilah]
  
Kita tidak senang jika orang lain berbohong kepada kita, terlebih jika yang berbohong itu adalah anak kita sendiri.

Namun tanpa kita sadari, kita ternyata mengajarkan anak kita berbohong..
Misalnya, kita tidak ingin menerima telepon dari seseorang..jadi anak kita yang kita perintahkan untuk mengangkat teleponnya sambil mengatakan : "Bilang aja mama lagi nggak ada"...

Atau ada seseorang yang bertamu ke rumah kita lantas kita tidak ingin menemuinya, lalu kita menyuruh anak kita menemuinya dengan mengatakan : "Bilang mama lagi pergi.."
Atau contoh yang lain, kita pernah menjanjikan mereka sesuatu yang sebenarnya hanya agar mereka melaksanakan apa yang kita inginkan, lantas tidak memenuhi janji tersebut. Ada 2 kesalahan dalam hal ini..mengajarkan mereka berbohong dan mengajarkan mereka untuk tidak menepati janji..
Atau berbagai contoh-contoh lainnya, yang terkadang tanpa kita sadari bahwa kita menjerumuskan anak kita dengan kebohongan sekaligus mengajarkan kepada mereka bahwa kebohongan itu ternyata "boleh"..

Jadi, sedapat mungkin dan sedini mungkin, ajari mereka akan pentingnya kejujuran. Dan tentunya pelajaran terbaik yang bisa kita berikan kepada mereka yakni dengan "berperilaku jujur" dan itu adalah guru terbaik untuk mereka.


sumber gambar : http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:RU9gr0fscEITTM


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...