Selasa, 30 Desember 2014

Asyiknya belajar bahasa Arab via WhatsApp

Awalnya tanpa sengaja melihat status teman facebook  yang berbagi informasi tentang program bahasa Arab online yaitu program BISA (Belajar Islam dan Bahasa Arab).

Uniknya pembelajarannya melalui aplikasi messenger Whatsapp. Dari dulu saya selalu bersemangat untuk mengikuti program bahasa Arab, namun qadarullah akhirnya selalu berhenti di tengah jalan, dan dengan adanya informasi ini, asa itu kembali muncul.

Setelah membaca informasinya dengan teliti, saya berniat untuk mendaftarkan diri sekaligus menginformasikan ke teman-teman yang lain tentang hal ini, siapa tahu ada yang berniat untuk ikut juga.

Saat itu, saya tidak serta merta langsung mendaftar karena berpikir waktunya masih lama, tapi karena kelamaan menunda akhirnya kelupaan dan baru teringat saat saya mampir ke fan page nya ternyata peserta sudah memenuhi  quota.
Meskipun demikian, saya tetap saja mendaftarkan diri. Pikirku, kali-kali saja masih ada kesempatan. Walaupun memang saya sudah tidak terlalu berharap.

Kira-kira sebulan setelahnya, saat saya sudah tidak terpikirkan mengenai pendaftaran itu, ternyata tiba-tiba saat mengecek whatsapp ternyata saya sudah tergabung di group kelas BISA. “Alhamdulillah keterima” pikirku saat itu.
Belakangan baru terpikirkan kalau saya kemungkinan terdaftar di angkatan selanjutnya karena ternyata setiap selesai angkatan yang berjalan, maka akan dibuka kelas baru untuk angkatan selanjutnya.



Di program BISA ini, setiap angkatan terdiri dari beberapa kelas ikhwan dan akhawat (baca: lelaki dan perempuan). Di setiap kelas terdiri dari kurang lebih 30 peserta yang didampingi oleh dua atau lebih muraqibah (pembimbing) dan musyrifah (pendamping/pengawas) kelas.

Setiap pekannya berjalan cukup padat dan ketat. Dimulai dari pemberian soal pemanasan yang nantinya diikuti dengan pembagian rekaman audio untuk materi pekan berjalan setiap sabtu, mengikuti kelas diskusi setiap ahad sore (wajib absen), ada selingan KUBIS (Kuis BISA) di setiap hari Senin dan Kamis malam, serta tugas hafalan dan tulisan yang harus dikumpulkan paling lambat setiap jum’at Sore, toleransi waktu hingga tengah malam dengan konsekuensi potongan nilai 20%. Begitu seterusnya…

Seru…santai tapi serius, sok sibuk mewarnai hari-hariku di program BISA. Emak-emak beranak tiga yang biasanya hanya mengurusi urusan rumah tangga, diselingi dengan kegiatan online shop tiba-tiba serasa jadi anak kuliahan kembali..hehe..sibuk dengan seabrek tugas di setiap pekannya.
Alhamdulillah, suami mendukung kegiatan ini… sesekali membentu menghandle anak-anak, saat harus mengerjakan tugas yang sudah mendekati deadline.
Lebih seru lagi saat menjalani ujian akhir program, stand by selama 3 jam mengerjakan ujian tulis dilanjut dengan ujian hafalan…

Sebagai kesimpulan, program ini memiliki beberapa kelebihan :
  • Pembelajaran tidak perlu dilakukan di luar rumah, sangat cocok dengan emak-emak rempong macam saya yang agak kesulitan dengan masalah transportasi
  • Aturan Drop Out (DO) lumayan ketat. Dua kali tidak mengerjakan tugas berturut-turut atau 3 kali tidak berturut-turut akan otomatis DO. Dengan catatan, satu nomor terhitung satu tugas, dan setiap pekan terdiri dari minimal 2 soal. Dengan begitu, walaupun santai karena semua dikerjakan di rumah tapi tetap dituntut untuk serius
  • Ada program-program lanjutan dengan program BISA sebagai pintunya. Alhamdulillah sekarang masih sementara mengikuti program lanjutan JODOH (Just One Day One Hadits). Program sederhana namun luar biasa menurutku dalam sebuah system menghafal hadits. Insya Allah di kesempatan selanjutnya saya akan mencoba menuliskan testimoninya.
  •  Ada sertifikat online yang diberikan setelah menyelesaikan program secara keseluruhan


Apa hasil yang didapatkan?

Alhamdulillah, setelah mengikuti program ini banyak tambahan ilmu yang saya dapatkan.
  1.  Jadi tahu definisi sharaf, tashrif, wazan mauzun dan lainnya
  2. Jadi bisa membedakan antara hamzah washl (ا) dan hamzah qatha’ (أ)  Jadi ngerti buka kamus bahasa Arab. Jujur saja sebelumnya masih bingung, maklum masih pemula hehe..
  3. Jadi sedikit paham penggunaan kata kerja sesuai subjeknya. Khususnya penggunaan kata kerja dalam Al-Qur’an
  4. Lebih memahami ciri-ciri isim, fi’il dan huruf, serta ilmu baru lainnya tentang ilmu sharaf
  5. Bisa bersilaturrahim dengan orang-orang baru, bukan hanya di Indonesia tapi juga yang saat ini berdomisili di luar negeri. Misalnya Jepang dan Australia
  6. Semakin penasaran dengan bahasa Arab 

Yang jelas, Program BISA ini merupakan terobosan yang sangat menarik bagi yang ingin belajar bahasa Arab tapi memiliki kesibukan yang cukup padat atau kendala lainnya sehingga sulit untuk mengikuti kuliah tatap muka, seperti saya contohnya.

Walaupun keinginan sampai saat ini saya masih berharap bisa mengikuti pelajaran tatap muka alias kuliah, tapi  setidaknya cukuplah sekedar untuk pelepas dahaga.

Alhamdulillah, setiap bulannya program bisa membuka angkatan baru, saat ini sudah berjalan pembelajaran untuk angkatan 10, saya sendiri merupakan alumni angkatan 5. Untuk informasi selanjutnya silahkan mengunjungi website www.programbisa.com atau mengunjungi fan page facebook http://facebook.com/programbisa

Selamat bergabung, dan rasakan manfaatnya!! ^_^






11 komentar :

  1. wah,ternyata ada juga ya forum belajar bahasa rab di wa....

    BalasHapus
  2. Kalo ga mampir sini, ga akan tahu ada forum belajar seperti ini. Selain bahasa Arab, apa ada bahasa asing lainnya, mak Sri ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sementara hanya seputar bahasa Arab dan program lanjutannya, misalnya hafalan hadits, belajar ilmu nahwu, dll...
      Mungkin ada wadah lain yang mengadakan program seperti ini untuk bahasa lain. Sampai sekarang belum tahu mak.

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum, salam kenal, sy roby, salah satu penggemar bahasa arab, hehe.. bagi siapa saja yang sudah mengenal bahasa arab, sy menawarkan koleksi tutorial bahasa arab, cocok bagi yang ingin memperdalam, silahkan baca info selengkapnya di http://tutorialbahasaarab.blogspot.com/p/dvd-koleksi-tutorial-bahasa-arab-lengkap.html semoga bermanfaat, terima kasih.

    BalasHapus
  4. Ana jg masuk kmrn angkatan 16, oya ad jg via skype, ana udh 3x pertemuan
    tp lbh efektif via skype mang

    BalasHapus
  5. Maaf Ba',, ni grupnya khusus Akhwat apa umum,,,???

    BalasHapus
  6. Mbak Ane Mau Ikutan Mbak Tambahin Ya mbak 085222779211

    BalasHapus
  7. Masukin ya VANIA ÇAHYANİNGTYAS (085728773309)
    Terimakasih.

    BalasHapus
  8. Minta tolong tambahkan ya VANIA ÇAHYANİNGTYAS.
    (085773309)
    Terimakasih.

    BalasHapus

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...