Senin, 11 November 2013

Anak Dalam Masa keemasan

Mungkin ibu-ibu sudah pernah mendengar mengenai periode keemasan pada perkembangan otak anak..
Ya, ternyata perkembangan otak anak secara maksimal berada pada 3 tahun pertama dari awal kelahirannya. 3 tahun pertama dalam kehidupan anak merupakan masa yang paling sensitif, yang akan sangat menentukan perkembangan otak dan kehidupannya di masa yang akan datang.

Coba lihat gambar grafik di atas.
Jaringan otak anak yang mendapat banyak stimulasi akan berkembang mencapai 80% pada usia 3 tahun.
Maka dari itu, ransangan atau stimulasi yang anda berikan pada 3 tahun pertama inilah yang paling berpengaruh pada perkembangan otaknya, dan menjadi dasar pembentuk kehidupannya di masa yang akan datang.

Jadi, adalah salah jika kita menunda-nunda pendidikan yang seharusnya diterapkan sejak dini dengan mengatakan "Ah..nanti aja kalau sudah besar baru diajarin..kalau sekarang kan mereka belum ngerti".

Tidak seperti itu, tugas kita mengenalkan dan mengajarkan kepada mereka sejak dini..berikan..dan berikan..jangan tergesa-gesa ingin melihat hasilnya, biarkan mereka menikmatinya sebagai sebuah kebiasaan bukan karena merasa "dipaksa".

Bermain dan belajar, itu yang kita terapkan..kita berusaha untuk mengajarkan tanpa mereka sadari bahwa mereka dalam proses pengajaran tapi mereka malah menikmatinya sebagai sebuah "permainan".

Luangkan waktu anda untuk bermain bersama mereka, setidaknya dalam sehari ada waktu untuk "anda dan anak anda". Sesibuk apapun kegiatan anda. Misalnya, jika anda adalah ibu pekerja.
Untuk para ibu rumah tangga, terkadang kita sendiri lalai dengan anak kita. Kita merasa sudah banyak waktu untuk mereka, padahal terkadang malah kita luput dari perhatian terhadap pendidikannya karena kita disibukkan hanya dengan perhatian terhadap, makanan, minuman, tidurnya, pakaiannya dan hal-hal yang berbau jasmani lainnya. TETAP, para ibu mesti memberikan waktu luangnya untuk BERMAIN DAN BELAJAR bersama mereka.

Selanjutnya, ingin memaksimalkan pekembangan otak anak anda ?? Itu pilihan anda..

sumber gambar: http://www.medicastore.com/images/stimulasi_vs_nonstimulasi_otak.gif

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...