Senin, 11 November 2013

Puzzle

Puzzle..sebuah permainan yang "kupilih" untuk "bermain dan belajar" bersama anak-anakku. Entah mengapa? Mungkin karena saya semenjak kecil sangat suka dengan puzzle kali yah..bahkan sampai sekarang masih senang juga dengan permainan yang bertemakan puzzle.

Menurutku, permainan yang satu ini membantu melatih perkembangan otak anak kita, mencocokkan antara puzzle yang satu dengan lainnya. Mulai dari puzzle sederhana hingga nantinya puzzle dengan tingkat kerumitan yang lebih tinggi.
Abdullah, sekarang yang berusia kurang lebih 2 tahun, juga terlihat sudah mulai senang dengan permainan yang satu ini. Saya mulai dengan memilihkan puzzle dengan tema mencocokkan "bentuk" dengan "tempatnya". Sehingga jika dia menemukan puzzle-puzzle berbeda dengan tema yang sama, insya Allah dia udah paham..tapi ingat jangan dipaksa harus menyelesaikan karena anak itu terkadang "pembosan"

Ada kejadian menarik sewaktu awal-awal mengenalkan puzzle pada Abdullah, kira-kira waktu itu usianya sekitar 1,5 tahun. saya mengenalkan board puzzle yang berisi angka-angka 0 sampai dengan 9.

Yang terlihat olehku, dia cuman tahu mencocokkan angka 0 dan 4 ke "tempatnya", begitu seterusnya, tanpa memperhatikan angka-angka yang lain. So..sementara saya menyimpulkan..kalau dia sudah menghapal setidaknya tempat angka 0 dan 4

Tapi pada suatu malam, seingatku sebelum tidur...saya mencoba mengujinya...saya mengambil semua angka-angkanya dan menyuruh dia menempatkan ke tempatnya satu persatu secara acak, dan saya yang memilihkan. Ternyata,dia berhasil menempatkan semua angka pada tempatnya. Senaaaang rasanya saat itu, Abdullah memberi kejutan buat umminya..

Melalui permainan ini, saya bisa mengajarkan berbagai macam, mulai dari bentuk, angka, hurup, warna dan lainnya dengan 1 objek..

Sekarang, saya sudah memiliki beberapa koleksi puzzle yang kupersiapkan  untuk bunayya..untuk melanjutkan BERMAIN DAN BELAJAR bersama umminya..

sumber gambar : http://farchan.files.wordpress.com/2009/06/37-puzzle.jpg

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...