Senin, 11 November 2013

Pentingnya Asi

    Buat "new mom" atau "calon "new mom" deh..agar lebih bersemangat untuk memberikan ASI pada awal-awal kelahiran dan terus melanjutkan ASI eksklusifnya hingga 6 bulan...Nih, simak beberapa keuntungan ASI buat ibu dan baby-nya..
     
    Bagi ibu :
  1. Dapat menunda kehamilan...jadi bisa dibilang ini KB alami. Pada umumnya, para ibu yang memberi ASI eksklusif dapat menunda kehamilan mereka hingga kurang lebih 15 bulan. Tapi tidak semua ibu loh..karena ada juga yang walaupun dia menyusui secara eksklusif ternyata tidak terlalu mempengaruhi  siklus haidhnya. Bahkan ada yang sebulan atau seminggu setelah nifas, jadwal haidhnya kembali teratur...
  2. Terhindar dari kanker payudara. Dengan memberi ASI, para ibu dapat menjaga kekebalan tubuhnya dari penyakit. Pada kenyataannya, sangat sedikit ibu menyusui yang terkena kanker payudara
  3. Rahim lebih mudah kembali ke bentuk semula, sehingga bentuk tubuh kembali seperti semula.
  4. Lebih mudah dalam menyediakan makanan bayi. Tidak repot...Hal ini sangat terasa jika si bayi bangun tengah malam lalu minta "nenen". Akan sangat terasa repotnya jika kita mesti menyediakan dalam bentuk susu formula .
  5. Jaminan tidak akan habis, walaupun para ibu menyusui anaknya terus menerus, insya Allah si ibu tidak perlu khawatir akan kehabisan produksi ASI. Tentunya si ibu juga harus memperhatikan "intek"nya untuk lebih menambah kuantitas produksi ASInya..
  6. Bernilai ekonomis
  7. Memperkuat nilai emosional antara ibu dan anak. Melalui pemberian ASI, seorang anak akan merasakan kehangatan kasih sayang seorang ibu yang tidak bisa tergantikan oleh siapapun.

  8. Bagi bayi :
  9. ASI mengandung gizi sempurna dan merupakan makanan yang sesuai bagi bayi
  10. Kaya akan kandungan antibiotika alami
  11. Mudah dicerna dan diserap dalam tubuh bayi
  12. Dapat melindungi bayi dari alergi, kurang darah, kelebihan berat badan, dan lainnya.. 

    Nah..buat para ibu.. Berpikirlah 1000 kali untuk menggantikan ASI , yang merupakan anugrah tak ternilai yang diberikan oleh Allah subhaanahu wa ta'ala kepada para ibu.., dengan susu formula misalnya.. hanya dengan alasan pekerjaan, karena ternyata ada beberapa orang ibu pekerja yang ternyata mampu memberikan ASI eksklusif pada 6 bulan awal kelahirannya..dan melanjutkan hingga masa penyapihan pada usia 2 tahun.
    Hal di atas hanya merupakan sebagian kecil dari hikmah penganjuran ASI bagi para ibu..

    sumber gambar : http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:yecog0ZX2Wt_WM

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...