Kamis, 07 November 2013

Apa itu autisme?


Autism Spectrum Disorder (ASD, Gangguan Spektrum Autisme) adalah gangguan perkembangan yang secara umum tampak di 3 tahun pertama kehidupan anak.

Perkiraan terakhir adalah ASD termasuk semua spektrumnya didiagnosa terdapat pada dua hingga tujuh per 1000 orang. Sepersepuluhnya ada di tingkat keparahan terburuk dalam spektrum autisme. Sekitar tiga hingga empat kali mungkin terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan.

ASD berpengaruh pada komunikasi, interaksi sosial, imajinasi dan sikap. Ini adalah sikap yang berlanjut hingga remaja dan dewasa. Ini bukan sesuatu yang “kena” pada anak-anak dan tidak disebabkan oleh orang tuanya. Namun tetap, semua anak ASD mengalami kemajuan dan masih ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menolongnya dan hal ini dengan bantuan profesional kesehatan yang ahli dibidangnya.

Beberapa hal penting yang mesti diingat berkaitan dengan hal ini :

  • Tak ada pola tetap dalam cara ASD memperlihatkan dirinya
  • Tak ada umur spesifik dimana pertama kali gejalanya muncul
  • Gejalanya muncul secara berangsur-angsur.
  • Gejalanya muncul bervariasi dala tingkat umur tertentu. Sebagai contoh, beberapa anak mungkin menghindari kontak mata seluruhnya sedangkan yang lain mengalami kesulitan yang ringan.
  • Jika anak anda memiliki beberapa gejala, ini tidak secara otomatis dia mengidap ASD. Banyak dari tingkah laku yang diasosiasikan dengan ASD dapat disebabkan beberapa hal lain; tak berinteraksi baik dengan anak lain mungin disebabkan pemalu;terlambat dalam perkembangan bahasa dapat diakibatkan kesulitan pendengaran atau infeksi telinga, dsb.
  • Pengasuhan yang buruk tidak menyebabkan ASD.

ASD bukanlah kondisi yang dapat dideteksi sejak lahir. Bayi dengan ASD tampak sama cantiknya dengan semua bayi lainnya. Tak ada karakteristik jelas dan tak ada tes darah untuk mendeteksi kondisinya.

Kita hanya bisa mendeteksi ASD dari gejala yang nampak pada perilaku anak dan jika kita ada kekhawatiran maka sebaiknya berbicara dengan profesional kesehatan (misalnya dokter).

Pada postingan ke depan, akan saya postingkan beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan gejala autisme berdasarkan usia tertentu. Insya Allah.

Sumber : “How to Live With Autism and Aspeger Syndrome”, Chris Wiliams dan Bary Wright.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...