Minggu, 09 Februari 2014

Pentingnya Tahun-tahun Pertama



Mungkin kita pernah mendengar “tahun-tahun awal tak akan pernah tergantikan”. Ini berarti, pengalaman anak yang didapatkan pada bulan-bulan dan tahun-tahun awal hidup mereka berperan penting dalam membentuk struktur, pengaturan, dan fungsi otak sepanjang hidupnya.

Sewaktu lahir, otak anak belum berkembang penuh. Saat ia mulai menyelidiki dunia, otak berfungsi seperti busa, menyerap segala peristiwa, pengalaman, dan perasaan. Sejalan dengan perkembangan otak, Anda memberikan makanan bergizi dan menyediakan permainan aktif agar perkembangan otak anak tumbuh dan maju pesat.

Kitapun harus menyediakan pengalaman emosional, fisik dan intelektual yang positif hingga otak dapat berkembang dan sehat. Selama 3 tahun pertama, sel-sel syaraf dalam otak anak tumbuh dans aling berhubungan membentuk sistem-sistem yang mengontrol berbagai hal sepert bergerak, mengingat, serta mngeksplorasikan emosi. Sebagian besar sistem tersebut terbentuk saat anak berinteraksi dengan orang tua, orang lain atau berbagai objek. Ketika anak mendapatkan pengalaman berulang-ulang, maka sistem-sistem ini akan menjadi permanen dan membentuk cara anak dalam berpikir dan bertindak. Seorang anak yang memperoleh cinta dan stimulasi dalam tahun-tahun awal memiliki kesempatan terbaik untuk berkembang secara optimal dan sehat.


Sumber: Quantum baby, Shahnaz J.Aliza

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...