Rabu, 19 Februari 2014

Bermain Merangsang Otak Anak

balok mainanBermain merupakan aktivitas menyenangkan yang terjadi secara alamiah. Melalui bermain, anak memiliki kesempatan luas untuk bereksplorasi dan berimajinasi secara aktif.

Manfaat bermain akan bertambah, saat orang tua mau menyediakan waktu untuk bermain dengan anak. Inilah antara lain manfaatnya:

Merangsang otak

Bermain yang melibatkan orang tua da anak secara efektif akan membentuk emosi positif yang akan mengoptimalkan tumbuh kembang otak anak.

Emosi positif menekan kadar kortisol (stress hormon ) sehingga meningkatkan asupan glukosa pada hippocampus, bagian dari otak besar yang berperan pada kegiatan mengingat dan navigasi ruangan. Dengan begitu, hippocampus cukup punya energi menjalankan fungsinya sebagai pusat memori (ingatan).

Selanjutnya, turut meningkat pulasejumlah fungsi neurotransmitter yang memungkinkan sel saraf berkomunikasi satu sama lain, selain membuat sel-sel saraf tidak mudah rusak.

Menjalin kedekatan emosi

Dengan bermain bersama diharapkan dapat tercipta kedekatan emosi antara orangtua dan anak. Bermain pun dapat menjadi wadah untuk mencurahkan perasaan dan gagasan.

Menciptakan komunikasi terbuka

Pola komunikasi menjadi terbuka. Komunikasi antara anak dan orang tua berkembang baik. Bahkan kemampuan verbal anakpun berkembang karena terstimulasi.

Melatih konsentrasi

Saat orang tua bermain dengan si kecil, intinya kita melakukan aktifitas bersama  yang berkualitas tanpa gangguan dari pihak lain, bahkan televisi. Dengan begitu, anak bisa memberikan atensinya pada suatu kegiatan tertentu pada suatu waktu. Perhatiannya tidak terbagi-bagi.

Otomatis itu akan melatih daya konsentrasinya. Anak bisa belajar lebih cepat karena kemampuannya.

nah, siap bermain dengan si kecil?  Selamat bersenang-senang..


sumber : Stimulasi Otak untuk Kecerdasan, serial buku nikita

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...