Selasa, 25 Februari 2014

Keistimewaan rumah sebagai wadah pendidikan


Rumah memiliki peran yang sangat sentral dalam pendidikan anak. Bisa dikatakan bahwa segala sesuatu bermula dari rumah.

Bila pendidikan dalam rumah tidak berjalan atau lemah maka si anak akan jatuh ke dalam "pendidikan-pendidikan" diluar rumah yang masih belum jelas arahnya.

Dapat kita saksikan besarnya pengaruh pendidikan luar rumah ini ketika pendidikan dalam rumah tidak berjalan pada anak-anak yang menjadi korban broken home. Atau ayah dan ibunya tidak mengacuhkannya di rumah karena kesibukan masing-masing, si ayah bekerja di kantor dan ibunya juga berkarir di luar rumah. Akibatnya pendidikan anak di dalam rumah terbengkalai.
Dapat ditebak, si anak akan terperangkap dalam pendidikan luar rumah yang masih belum jelas. Kata kuncinya, jangan membuat anak tidak betah berada di rumah sehingga mencari pelampiasan di luar rumah. janan terlalu cuek terhadap anak sehingga anak merasa kurang diperhatikan.

Intinya, orang tua harus menyiapkan pendidikan yang benar dari dalam rumah sebelum melepas anaknya ke luar. Dalam hal ini suasana islamisangat membantu keberhasilan kedua orang tua dalam mendidik anak-anaknya.

Dengan memberikan pendidikan dari dalam rumah, akan memberikan beberapa keistimewaan diantaranya :

  • Di dalamnya anggota keluarga dapat berkumpul bersama dalam jangka waktu yang lebih lama sehingga terjalin kedekatan pribadi antar anggota keluarga
  • Anak dapat melihat teladan dan panutan dalam ucapan ataupun perbuatan, yang bisa membantu mereka untuk menirunya.
  • Kita bisa memanfaatkan kesempatan di dalam maupun di luar rumah, ketika makan, minum, berpakaian, tidur, bangun, waktu buang hajat dan kegiatan-kegiatan lainnya untuk mengajarkan adab-adab Islam serta dzikir dan doa yang berkaitan dengan aktivitas tersebut.
  • Penyampaian nasihat dan pemberian hukuman di dalam rumah, bukan di hadapan orang banyak akan lebih besar pengaruhnya bagi jiwa anak.
  • Menumbuhkan semangat beragama di dalam rumah yang membantu seluruh anggota keluarga untuk menjauhi perilaku yang salah dan menyimpang
  • Keikhlasan kedua orang tua dalam membimbing dan memberikan pengarahan kepada anak-anaknya yang mendorongnya untuk semakin memperbaiki diri.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...