Jumat, 28 Februari 2014

Jerih Payah Yang Tiada Sia-sia

 Anak adalah anugrah yang agung. Ia merupakan titipan Allah kepada kita,sekaligus menjadi amanah yang harus kita jaga.

Tugas kita sebagai orang tua,mengasuh dan mendidik anak-anak, mendampingi serta membimbing mereka. Semua itu harus dilakukan dengan mengharapkan pahala di sisi Allah subhaanahu wa ta'aala karena anak adalah aset yang tiada ternilai harganya dan merupakan tabungan dari orang tuanya di akhirat kelak.

Pada saat seluruh amalan telah treputus, saat pahala shalat dan puasa tak lagi bisa kita raih. Di kala itu, do'a anak yang shalih akan bermanfaat bagi kedua orang tuanya.

Demikian ilmu yang bermanfaat yang telah diajarkan kedua orang tua kepada anak-anak mereka akan terus menerus mengalirkan pahala untuk keduanya. Rasulullah shallallaahu 'alaii wasallam bersabda :

"Apabila seorang anak Adam meninggal, maka terputuslah segala amalannya kecuali dari tiga perkara : Shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak yang shalih yang selalu mendoakannya." (H.R. Muslim)

Segala jerih payah yang ditempuh kedua orang tua dalam membimbing dan mendidik anak-anak mereka hingga menjadi anak-anak yang shalih akan membuahkan hasil dikala mereka terbaring sendiri di alam kubur, ketika tidak bisa lagi beramal, ketika tidak bisa berbuat apa-apa lagi, di kala itulah kita mengharapkan aliran do'a dari anak-anak kita yang shalih. Mengharapkan istighfar mereka (permohonan ampun kepada Allah) untuk kita.

Sebagai orang tua, kita jangan mengeluh dalam mengemban amanah yang mulia ini. Ketahuilah Allah memilih kita sebagai ibu bapak. Berapa banyak orang tua yang tidak mendapatkan amanah ini sementara mereka sangat mengharapkannya.

Maka seharusnya kita bersyukur atas nikmat tersebut. Syukur yang diwujudkan dengan menjaga dan mendidik mereka dengan baik. Mengajarkan mereka untuk cinta kepada Allah dan rasul-Nya. Mencetaknya menjadi anak yang shalih..

Anak shalihlah yang mendoakan dan memohonkan ampunan bagi kita, akan menghajikan kita bila kita tak mampu mengerjakannya, menunaikan nadzar-nadzar kita, melanjutkan karya-karya kita, membersihkan dan mengharumkan nama kita.

Sebagai orang tua kita harus berkorban apa saja agar anak kita dapat tumbuh menjadi anak yang shalih. Anak yang shalih adalah anugrah yang sangat besar yang tidak bisa dinilai dengan materi...!!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...