Senin, 13 Januari 2014

Tips dan trik membuat puding

Pernah bemasalah dalam membuat puding? Berikut beberapa tips agar sukses membuat puding :

Campur rata serbuk agar2 dan gula, tuangi bahan cair, aduk hingga merata lalu jerang di atas api sedang. Selama belum mendidih, jangan berhenti mengaduk. 

Agar puding busa menyatu, tidak pecah atau tidak membentuk lapisan, kocok putih telur dalam wadah bebas lemak hingga kaku. Tuangkan larutan agar2 panas sesendok demi sesendok sambil terus dikocok dengan mikser kecaptan rendah, sampai terbentuk adonan busa yang halus, tidak bergumpal.

Kuning telur kocok bila langsung dimasukkan ke larutan agar-agar panas akan membentuk serabut-serabut haluKs karena suhu masing-masing berbeda. Beri 1 sendok sayur larutan agar-agar ketika masih hangat pada kocokan telu, aduk rata. Tuangkan sedikit-sedikit ke larutan agar-agar sebelum mendidih, sambil diaduk supaya merata.

Melapis puding harus dilakukan pada saat yang tepat. Ini bukan berarti bahwa puding yang akan dilapis harus dimasukkan ke dalam lemari es agar mengeras. Jika lapisa bawah terlanjur mengeras, lapisan atas tidak akan menyatu atau terpisah ketika dipotong. 
Sebaliknya jika lapisan bawah mulai terlihat mengeras, bisa jadi bagian dalam masih cair. Akibatnya lapisan atas dan bawah akan membaur. Tunggu hingga puding cukup keras, tuangi lapisan berikutnya sedikit demi sedikit dengan sendok sayur.

Larutan agar-agar yang sudah mengeras dapat mencair kembali dengan cara memanaskannya di atas api kecil.

Perhatikan ukuran bahan isi. jika terlalu besar, bahan isi cenderung terlepas ketika dipotong sehingga mengganggu penampilan. Masukkan bahan isi sedikit demi sedikit, jika mengembang dengan sempurna (tidak tenggelam, lanjutkan.

Semoga bermanfaat!


sumber : Puding Agar-agar, Yasa Boga

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...