Jumat, 10 Januari 2014

Menu utama saat berbuka puasa

200820101612Nah, menu yang satu ini merupakan menu utama saat berbuka puasa. Pokoknya diusahakan deh..agar menu yang satu ini nggak ketinggalan. Kita kan sama-sama tahu kalau kurma merupakan makanan yang disunnahkan saat berbuka puasa. Kan ada haditsnya dari Anas radhiallaahu ‘anhu :

“Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam dahulu berbuka dengan beberapa ruthab (kurma setengah matang) sebelum shalat. Kalau tidak ada ruthab maka dengan kurma. Jika tidak ada kurma maka beliau minum beberapa tegukan air.” (H.R Ahmad, Abu Daud dan At-Tirmidzi)

Jadi, sebaiknya diusahakan untuk menjadikan kurma menu utama saat kita berbuka, kalau nggak ada ya..air putih.. lalu menyantap makanan lainnya. Alangkah sedihnya jika berbagai macam menu makanan terhidang sedangkan kurma walau sebiji tak tampak di meja makan. Walau insya Allah, tidak ada larangan untuk menyantap makanan selain di atas pada saat berbuka. 

Tapi sebaiknya kita tidak melewatkan pahala dengan hanya dengan memakan kurma. Agar kita memperoleh kenikmatan dan pahala berbuka serta pahala berbuka dengan makanan yang disunnahkan..
Dan ingat ya..disunnahkan memakan kurma dengan jumlah yang ganjil..

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...