Senin, 06 Januari 2014

Berkat eksis dengan internet, ibu rumah tangga juga BISA!

internet-itu-apa-dan-ini-ada-istilah2-internet-by-khari

Internet sebenarnya bukan barang baru untukku, semenjak duduk di bangku SMA lanjut ke perguruan tinggi sudah mengenalnya, tapi hanya sekedar mencari bahan tugas kuliah, ngirim tugas via email, serta browsing tak tentu, itupun dengan porsi yang sangat-sangat terbatas karena harus menyisihkan uang saku yang bisa dikatakan masih ala kadarnya. Jadinya, ke warnet hanya kalau ada keperluan saja. Beda dengan saat ini dimana internet sudah menjadi a part of my life.

Internet adalah teman, teman dalam menjalani aktifitasku sebagai seorang ibu rumah tangga. Rutinitas rumah tangga serasa lebih berwarna di tengah-tengah kesibukan yang cenderung monoton. Tapi bukan berarti saya merasa bosan, because I always love  to be a full time mom…

Yah, setelah menikah, kami (baca:saya dan suami) sudah bulat memutuskan untuk saya tetap berada di rumah menjalankan  kewajiban penuh sebagai isteri sekaligus mendidik dan merawat anak-anak dengan tanganku sendiri. Alangkah bahagianya melihat perkembangan anak-anak yang bisa dikatakan tak terlewatkan, menjadi seorang ibu sekaligus guru buat mereka.

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah sebuah pilihan yang tanpa beban, apalagi dengan bergelar “Sarjana Teknik” dimana sudah menjadi paradigma yang menyebar di sebagian besar masyarakat bahwa “kuliah untuk kerja”, sebagian lagi tekadang berkomentar, “Sayangnyaa sekolah tinggi-tinggi tapi akhirnya hanya tinggal di rumah”, serta berbagai komentar-komentar miring lainnya, walau tidak sedikit pula yang salut akan pilihan yang kami ambil.

Kami sudah sangat-sangat tahu jika semua pilihan selalu ada resikonya. Tapi satu hal yang menjadi prinsip kami bahwa pernikahan ibarat sebuah perahu yang mana kami berdua sebagai nahkodanya, ke arah mana kapal hendak dilabuhkan, orang lain boleh memberikan saran tapi tetap keputusan ada di tangan kami berdua sebab kamilah yang akan mempertanggung jawabkan pernikahan ini di hadapan Yang Kuasa di akhirat kelak.

Eh, kok malah curhat sih, jadi sensitif nih ^_^…
Nggak apa-apa lah, sekedar mengeluarkan uneg-uneg yang meluber di kepala…

Seperti yang kuungkapkan pada awal paragraf kedua tulisan ini bahwa internet layaknya seorang teman. Banyak hal baru yang kudapatkan dengan mengakrabkan diri dengannya. Banyak hal yang berubah, dan satu hal yang kuyakini bahwa eksis dengan internet adalah salah satu sarana untuk merubah paradigma.

Dengan internet, saya yakin ibu rumah tangga tidak harus selalu dipandang sebelah mata. Banyak hal yang bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Dan perlahan-lahan sudah mulai kubuktikan… hanya melalui eksis dengan internet.

Eksis dengan internet – Mengenal dunia blogging dan kepenulisan

Semenjak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) hingga selesai dari perguruan tinggi saya sudah “sok” yakin kalau saya itu tidak punya bakat menulis dan tidak suka menulis. Lebih suka diberi seabrek soal matematika dibanding diberi tugas menulis. Karena sudah tak suka jadi tak pernah mencoba.

Hal ini perlahan berubah ketika saya mulai eksis dengan internet, melalui blog dan jejaring sosial facebook, itupun baru setelah menikah karena alhamdulillah sudah ada fasilitas internet pribadi.

Blog-manAwalnya tak sengaja, mampir di sebuah blog yang ternyata milik seseorang teman ketika sedang asyiknya berselancar di dunia maya. Dalam hati sempat berkata, “Wah, keren blognya, gimana ya bisa bikin kayak gitu…??”. Nah, dari sinilah terbersit keinginan untuk membuat sebuah blog.

Akhirnya dengan bermodalkan learning by doing dibantu om google, pada Februari 2010 jadilah sebuah blog yang kuberi judul “Catatan Muslimah” walaupun isinya masih kebanyakan menyalin ulang tulisan orang lain tapi tidak apalah setidaknya sudah berusaha untuk menulis.
Setelahnya bahkan bukan satu blog saja tapi ada 3 blog lainnya yang kukelola saat ini yakni Taman Buah Hati, Dapur Ana dan Lianra Shop.

Titik balik kesukaanku dengan dunia kepenulisan semakin besar pada akhir 2011, saat saya diajak bergabung dengan sebuah group kepenulisan di salah satu jejaring sosial (baca: Facebook) oleh salah seorang senior yang “kutemukan” di dunia maya. Dari sanalah saya belajar, dari sanalah saya berani mencoba untuk menulis.

Memang ada yang berubah, blogku yang selama ini lebih didominasi oleh tulisan orang lain yang kutulis ulang, kini saya mencoba untuk lebih banyak mengisinya dengan buah pikiranku sendiri.
Berikutnya kucoba untuk mengikuti beberapa lomba-lomba menulis di kalangan blogger, dan ada beberapa artikel yang sudah kuikutkan. Dan menjadi sesuatu yang tak terduga bagiku, alhamdulillah diantaranya ada yang bisa kumenangkan.

Mungkin bagi orang yang terbiasa menulis, ini menjadi sesuatu yang biasa tapi bagi saya yang masih sangat…sangat amatiran, ini menjadi suatu hal yang tak terduga. Karena hal ini berarti tulisanku “dihargai” dan yang paling penting bahwa aku ternyata MAMPU untuk menulis.

Eksis dengan internet – Memasak jadi makin Asyik


Nah, satu lagi nih manfaat eksis dengan internet, kegiatan masak-memasak di dapur jadi makin seru. Apalagi semenjak bergabung di salah satu mailing list kuliner, ditambah lagi blog Dapur Ana yang sengaja kubuat untuk publikasi dapurku.

Fullscreen capture 2292012 54415 PM.bmp

Istilahnya citarasa dapur kita bisa dirasakan seantero dunia yang memiliki fasilitas internet. Bukan tidak mungkin ini bisa menjadi cikal bakal berbisnis kuliner di kemudian hari ^_^

Terkadang juga saya mengikuti event memasak yang diikuti oleh para food blogger, tema masakan ditentukan tiap bulannya dan nantinya masing-masing peserta harus menyetor artikel masakannya hingga deadline waktu tertentu.
Seru kannn…masak bareng teman-teman dunia maya yang berada di penjuru nusantara…

Semangat memasak bertambah, suami jadi makiiiiiin sayang..he..

Eksis dengan internet – Senang saat bisa berbagi

Ngeblog pada dasarnya berbagi, berbagi apa yang ada di pikiran kita atau terkadang berbagi bacaan, artikel  yang kiranya bermanfaat untuk orang lain dengan tentunya tetap memperhatikan rambu-rambu dan etika sebagai seorang blogger.

Untuk memberikan pembelajaran dini pada putra-putriku, saya sering membuatkan bahan-bahan pembelajaran untuk mereka, kebanyakan dalam bentuk file PDF, entah itu berupa buku-buku mungilFlash Card berisi bahan belajar Iqrolatinangka dan warna serta do’a sehari-hari.

Sampai suatu waktu, kami berpikir kenapa tidak bahan-bahan belajar itu kami upload ke blog agar para pembaca blog kami bisa mengambil manfaat yang sama sebagaimana manfaat yang benar-benar kami rasakan pada putra-putri kami. Dan kini, semua bahan belajar tersebut bisa diakses pada menu Free Download di Taman Buah Hati.

Senaaang rasanya, saat ada yang berkomentar bahwa apa yang kami suguhkan ternyata juga bermanfaat bagi buah hati mereka. Senang karena bisa berbagi…

Eksis dengan internet – Mencoba berbisnis online

Mendapatkan uang dengan berinternet?? tentu bissa…dan sekarang sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa kita bisa mengais rezeki melalui eksis dengan internet.

Alhamdulillah saya juga sudah mulai menjajal bisnis di dunia maya ini, bisnis berbasis online shop yang sudah kukupas dalam artikel sebelumnya Aku dan Bisnis Online.

Keuntungannya mungkin belum seberapa, namun saya mulai menikmatinya sekaligus membuktikan bahwa ibu rumah tangga juga mampu mendapatkan penghasilan tanpa harus keluar rumah dan tetap mengikuti tumbuh kembang buah hatinya. What a wonderful life…

Eksis dengan internet – Peran penyedia layanan data

Kegiatan berinternet tentu tidak terlepas dari peranan para penyedia layanan data (baca:operator selular) yang juga sudah semakin menjamur. Berbagai tawaran layanan dan harga yang semakin kompetitif , siap untuk memanjakan setiap penggunanya.
Salah satunya adalah AXIS, sebuah perusahaan operator selular yang hingga kini sudah berkembang sedemikian pesat. Jangkauannya sudah mencapai 80% populasi Indonesia, dimana produk dan layanannya tersedia di lebih dari 400 kota. Khusus untuk pengguna internet, tersedia paket menarik Paket Pro Unlimited dan Paket AXIS Eksis, yang bisa dipilih tergantung kebutuhan dan budget tentunya.

Di dunia blogger, ternyata AXIS juga tidak ingin ketinggalan untuk tetap Eksis, salah satunya dengan mengadakan Blog Writing Competition dalam merangkul para blogger.

Banner-AXIS-Clean-Small

Buat para penyedia layanan internet secara umum, termasuk AXIS, semoga terus menelorkan berbagai layanan yang INOVATIF dan JUJUR… teruslah berkompetisi dengan SEHAT agar kami para “penikmat” layanan tersebut bisa terus eksis dengan internet, tentu untuk hal-hal yang postif.

Salam Blogger !

Sumber gambar :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...