Jumat, 03 Januari 2014

Aku Dan Bisnis Online


Semuanya bermula karena kebiasaanku berbelanja online. Mungkin karena saya tipe orang yang malas keluar rumah sehingga berbelanja via online merupakan salah satu solusi untukku. Apalagi saat berdomisili di suatu kabupaten di Kalimantan Timur, minimnya sarana belanja dan kurangnya pilihan barang yang tersedia membuatku sangat tertolong dengan keberadaan online shop.

Online shop memang menawarkan berbagai macam kemudahan. Proses transaksi yang mudah dan bisa dilakukan di mana saja dan dalam kondisi apa saja, selama ada fasilitas internet tentunya.

Kita juga lebih selektif memilih kebutuhan kita dan disesuaikan dengan budget yang ada. Nggak sama kalau jalan ke pusat-pusat perbelanjaan, kadang lain yang diinginkan lain pula yang dibeli, atau hanya satu barang yang menjadi alasan kita untuk berbelanja, tambahannya kadang lebih banyak ^_^

Proses pembayaran juga praktis, tinggal transfer..selesai deh, apalagi kalau melalui fasilitas sms banking, proses pembayaran bisa berlangsung hanya dalam hitungan detik atau menit.
Setelah semua transaksi selesai, tinggal menunggu seseorang yang bakalan teriak di depan rumah “Kirimaaaaan”

Tapi, berbelanja via online shop bukan tanpa resiko. Online shop yang fiktif, barang yang yang datang tidak secantik gambarnya, serta terkadang ada beberapa kendala dalam pengiriman membuat mungkin sebagian orang merasa “trauma” untuk berbelanja online. Tapi tidak denganku, pengalaman-pengalaman tersebut membuat kita lebih berhati-hati memilih ol shop dan tidak membeli barang-barang yang bersiko tinggi kecuali kredibilitas ol shop tersebut betul-betul sudah diakui.

Berbekal dari pengalaman inilah, saya dan adikku (yang juga olshop mania) sepakat membentuk online shop, dan akhirnya pada  bulan Agustus 2011 resmi memulai bisnis ini dan menamakan online shop kami dengan nama Lianra Shop yang untuk sementara memanfaatkan sarana facebook sebagai ajang promosi.

Online shop kami memang usianya baru seumur jagung, mengelolanya pun masih just for fun, tapi ke depan ada keinginan untuk “membesarkannya”. Namun, pengetahuan internet yang masih minim menjadi PR besar untukku saat ini. Bagaimana beriklan dengan jitu via internet serta bagaimana membangun website berbasis online shop untuk selanjutnya dioptimalkan sebagai ajang promosi. Semuanya masih menjadi “tanda tanya “.

Selain online shop, sebenarnya saya sejak dulu sangat tertarik dengan bisnis online yang memanfaatkan sarana blog, istilah orang memonetize blog alias mencari uang lewat blog. 

Awal membuat blog hanya ingin melatih keinginan untuk menulis…namun seiring bertambahnya informasi, ternyata memang ada cara untuk memanfaatkan sarana blog untuk mencari “recehan”. Dan ternyata tidak sedikit blogger yang berhasil mengais rezeki melalui blog.

Setahun lebih ngeblog mungkin bukan waktu yang singkat, namun pengetahuan tentang blog itu sendiri masih sangat..sangat minim. Padahal, masih banyak hal yang pengeeeeen banget kuketahui dan membuatku penasaran. Dan salah satunya ilmu tentang Search Engene Optimimization (SEO). 

Ilmu tentang SEO menurutku sangat-sangat penting, selain untuk meningkatkan traffic pengunjung di blog, juga sebagai cara jitu mempromosikan online shop yang sudah kurintis di atas. Kan keren kalau misalnya blog/website Lianra berada di halaman pertama Google ketika mengetik jenis produk yang kami tawarkan… Aaamiiiiiiiiin.
Nggak apa-apa kan sedikit bermimpi…mimpi yang dibarengi dengan usaha….

Saya sempat berpikir untuk lebih fokus belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan blog, belajar dengan lebih sistematis. Dan ternyata belum lama ini saya baru tahu bahwa di kota Makassar ku tercinta ini ada sekolah blog yang didirikan oleh Asri Tadda yang bertempat di Jl. Tamalanrea Raya Kompleks Bumi Tamalanrea Permai (BTP).

Sayangnya, sistem belajarnya masih terbatas dengan cara tatap muka (offline), atau ada yang via online?? (klo ada beri tahu ya ^_^). Karena untuk kondisiku saat ini sebagai ibu rumah tangga mungkin masih sangat sulit untuk belajar secara tatap muka dengan dua kurcaci yang masih kecil-kecil.

Tapi keberadaan sekolah blog ini sudah menjadi angin segar bagi mereka yang ingin lebih serius belajar mengenai dunia blogging.

Salam Blogger!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...