Senin, 27 Januari 2014

Soda Kue dan Baking Powder

soda-kue_medium
soda kue
Soda Kue  adala bikarbonat soda, tanpa tambahan apa-apa. Sedangkan baking powder  adalah bikarbonat soda yang sudah ditambah bahan lain (cream of tartar , bahan pengring, dll.) untuk menetralkan.
Bahan mana yang harus dipakai dalam pembuatan kue?
Jawabannya : tergantung dari bahan-bahan lain yang dipakai dalam resep tersebut.

Bikarbonat soda  sendiri bersifat basa. Dia akan mengeluarkan gelembung udara jika bercampur cairan dan bahan yang sifatnya asam (buah-buahan, yoghurt, madu, buttermilk, coklat, dll). Jadi, untuk resep-resep yang adonannya bersifat asam, biasanya gunakan soda kue untuk bahan pengembangnya.

baking powder
Baking powder
Baking powder, karena mengandung bahan penetral, biasanya dipakai untuk resep-resep yang adonannya sudah bersifat netral (seperti: susu).
Dalam ilmu pembuatan resep kue, kue akan mengembang sempurna bila kandungan asam basanya seimbang. Ini juga ada hubungannya dengan rasa dan tekstur.
Bikarbonat soda  menghasilkan tekstur yang berpori besar dan tidak beremah, tapi bila dipakainya sendirian, rasanya agak pahit. Rasa pahit ini akan hilang bila tercampur dengan bahan yang sifatnya asam tadi.

Baking powder menghasilkan rasa yang netral dan tekstur yang berpori kecil tapi cenderung lebih beremah. Sodakue dan baking powder  ini tidak bisa saling menggantikan . Jika terpaksa, baking powder bisa diganti dengan campuran 1 bagian soda kue ditambah 2 bagian cream of tartar. Tapi soda kue tidak bisa digantikan dengan baking powder.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...