Minggu, 26 Januari 2014

Mentega dan Margarin

margarin


Mentega atau butter terbuat dari lemak susu atau hewan (umumnya susu). Tekstur mentega sangat lembut di suhu ruang, khas wangi susu, mudah meleleh di suhu hangat. Warnanya kuning pucat(lebih muda dari margarin).

Ada dua jenis mentega, tawar dan asin. Umumnya digunakan untuk membuat cake dan cookies adalah mentega tawar.

Mentega punya aroma yang enak, tetapi terlalu lembut dan daya emulsinya kurang baik, menyebabkan tekstur kue kurang kokoh. Penggunaan mentega dalam kue memberikan rasa lebih gurih dan lembut.

butterMargarin terbuat dari lemak tumbuhan (nabati) seperti minyak kelapa sawit dan biji bunga matahari. Teksturnya lebih kaku, stabil di suhu ruang (tidak mudah meleleh), warnanya pun lebih kuning dari mentega.

Margarin aromanya tidak seenak mentega, tapi daya emulsinya bagus sehingga bisa menghasilkan tekstur kue yang bagus. Sehingga umumnya orang mencampur mentega dan margarin dengan perbandingan 1:1., untuk mendapatkan aroma kue yang enak dan tekstur kue yang memuaskan.

Sedangkan Roombutter, berasal dari bahasa Belanda, adalah mentega juga. Tetapi di Indonesia orang biasanya mengistilahkan  roombuter untuk jenis mentega dalam kaleng yang wanginya cukup kuat. Biasanya roombutter mengandung rasa asin.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...