Selasa, 10 Desember 2013

Pentingnya Menguasai Seni Bercerita

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang “Membacakan Cerita”, kali ini kita membahas mengenai pentingnya seni bercerita dalam menyampaikan cerita.

Seni bercerita haruslah dikuasai seorang ibu, begitu juga dengan ayah. Namun, biasanya ibunya lebih banyak berperan karena frekwensi kebersamaan ibu dan anak biasanya lebih banyak dibandingkan sang ayah. Dengan seni tersebut bisa membuat anak menikamti cerita yang dibacakan, dan hidup bersama lakon-lakonnya.

Akan tetapi hal tersebut tergantung kepada sejauh mana kemampuan ibu dalam menguasai seni ini. Adapun beberapa dari seni bercerita ini adalah :
  1. Menggunakan metode dialog dan pengulangan seperti, “Kira-kira menurtmu apa yang akan terjadi selanjutnya?”
  2. Bercerita dengan alur cerita yang jelas dan mudah dipahami
  3. Memperhatikan intonasi suara, terkadang tinggi rendah suara sesuai dengan adegan dan kejadian. Suara ibu biasanya mempunyai intonasi yang tenang, dan sangat cocok sekali dalam seni bercerita.
  4. Melibatkan gerakan tangan, mimik wajah dan gerakan tubuh seluruhnya. Contohnya, wajah yang menampakkan raut gembira dan sedih sesuai dengan adegan ceritanya.
  5. Anak sangat mudah terpengaruh dengan cerita yang diminatinya, diantaranya cerita yang melibatkan namanya, atau kejadian yang terjadi mengenai orang-orang yang dicintainya atau tempat-tempat yang dikenalnya
  6. Bercerita dengan menunjukkan kasih sayang dan kehangatan pada anak.
  7. Boleh saja memotong cerita agar anak bertambah senang terhadap cerita tersebut. Contohnya:”Insya Allah, ceritanya dilanjutkan lagi besok ya nak..”
Ada catatan penting yang harus diperhatikan. Sejauh mana kemampuan Anda menguasai tentang seni bercerita maka sejauh itu pula cerita yang anda ceritakan akan menarik, berpengaruh dan bermanfaat. Jangan lupa sertakan hati dalam bercerita..

sumber gambar:
http://www.sayyestoasi.com/media/146995/pentingnya-berbicara-dan-me_thumb.jpg

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...