Senin, 09 Desember 2013

Biarkan Mereka Bermain

Dunia anak adalah dunia bermain, itu tak bisa dipungkiri. Bermain dan anak-anak adalah hal yang sangat sulit dipisahkan. Karena sesungguhnya dengan bermainlah mereka mulai mengenal hal-hal yang baru. Dengan bermainlah potensi mereka sedikit demi sedikit terasah. Dengan bermainlah perkembangan motorik mereka berkembang. Dan dengan bermainlah kecerdasan mereka bisa bertambah.

Mereka akan lebih mudah menyerap sesuatu yang kita ajarkan sebagai bentuk stimulasi bagi mereka. Karena mereka tidak merasa “dituntut” sesuatu tapi mereka “fun” dalam melaksanakannya.
Banyak orang tua dengan kecemasan yang berlebihan, melarang “ini” dan “itu” pada saat mereka bermain. Padahal mereka butuh mengembangkan motorik mereka, mereka ingin mengembangkan potensi. Mereka ingin melihat “dunia” dengan cara mereka.  

Cara yang terbaik tentunya dengan cara yang pertengahan, tidak terlalu membatasi mereka untuk hal-hal yang tidak perlu. Namun tidak lantas membebaskan sepenuhnya mereka lakukan, terutama untuk hal-hal yang memang benar-benar membahayakan mereka. Intinya, membebaskan namun tetap dalam pengawasan. Tugas kita adalah menciptakan tempat bermain yang aman untuk mereka..untuk menghindarkan mereka dari hal-hal yang membahayakan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...