Jumat, 20 Desember 2013

Menyambut Anak Pulang Sekolah

schoolSebagaimana halnya bila seorang ayah pulang kerja, mempunyai psikologi tersendiri. Ia lelah sekali menghamburkan tenaganya untuk mencari nafkah hidup untuk keluarganya.

Dalam situasi ini, seorang ayah tentunya memerlukan suasana yang menyejukkan dan membahagiakan sewaktu ia kembali kerumah, kembali ke tengah-tengah keluarganya.

Sementara itu, kita sebagai orang tua  seringkali pada saat menyambut anak pulang dari sekola malah mengajukan berbagai macam pertanyaan yang menyangkut prestasinya di sekolah. Misalnya dengan pertanyaan: “Bagaimana hasil-hasil ulangan-ulanganmu di sekolah?”, “Berapa nilai ulangan matematikamu, berapa hasil PR mu?” Dan pertanyaan-pertanyaan serupa yang merupakan tuntutan dari orang tua.

Padahal sebaiknya, pertanyaan-pertanyaan tersebut masih bisa ditunda untuk ditanyakan. Putra-putri anda, setelah sekian jam bekerja keras di sekolah dengan berbagai pengalaman yang terkadang tidak menyenangkan,apakah itu didamprat oleh gurunya, dimusuhi oleh temannya, nilai PR-nya yang rendah atau yang lainnya.

Seharusnya pernyataan-pernyataan pertama yang bisa dikemukakan misalnya : “Kamu kelihatannya sangat lelah, Nak, sebaiknya kamu ganti baju lalu kita segera makan, tuh.. ibu sudah sediakan makanan di atas meja”.. atau pernyataan-pernyataan lainnya yang setidak nya tidak menjadikan anak malah seperti terdakwa..

Apabila karena sesuatu hal, orang tua tidak bisa mendapati anaknya pulang dari sekolah, bisa dicarikan jalan lain untuk menyambutnya. Misalnya dengan meninggalkan pesan tertulis yang ditaruh di tempat tertentu yang bisa segera diketahui si anak sewaktu dia pulang dari sekolah ,”Ibu dan ayahterpaksa ke rumah teman karena urusan yang mendesak, insya Allah pukul 15.00 ayah pulang, cinta ayahh dan ibu untuk kalian semua”

Pesan tertulis yang merupakan cetusan dari rasa cinta orang tua kepada anak seringkali merupakan media terbaik untuk mengakrabkan hubungan anatara orang tua dan anak.

Di samping memberi suasana kehangatan cinta, pesan-pesan seperti itu dapat membantu pula usaha orang tua menjalin hubungan yang serba terbuka anatara orang tua dengan anak-anak..

Menyambut anak pulang dari sekolah bukanlah mesalah yang remeh, masalah ini merupakan masalah yang penting dalam rangka pembinaan anak-anak untuk selanjutnya.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...