Sabtu, 01 Maret 2014

Yuk.. Melatih putra-putri kita berdo'a dan berdzikir....!!

Berdo’a dan berdzikir kepada Allah merupakan kesibukan yang terbaik, dan cara paling utama bagi seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Berdo’a dan berdzikir adalah kunci segala kebaikan yang akan diperoleh seorang hamba di dunia dan di akhirat, pencegah segala bentuk keburukan, mendatangkan manfaat dan menolak segala bahaya.

Imam Ibnu Qayyim berkata : “Jika Allah akan memberi kunci kepada seorang hamba, berarti Allah akan membukakan (pintu kebaikan) kepadanya dan jika seseorang disesatkan oleh Allah, berarti ia akan tetap berada di muka pintu tersebut.”


Bila seseorang tidak dibukakan hatinya untuk berdo’a dan berdzikir, maka hatinya akan selalu bimbang, perasaannya gundah gulana, pikirannya kalut, selalu gelisah, hasrat dan keinginannnya menjadi lemah.

Namun bila seotang hamba selalu berdo’a dan berdzikir, selalu memohon perlindungan kepada Allah dari berbagai keburukan, niscaya hatinya menjadi tenang karena ingat kepada Allah.
Allah berfirman :

آَلا بِذِكْرِ اللهِ تَطْمَـئِنَّ القُلُوبْ
“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.” (Q.S. Ar-Ra’d :28)

Seorang hamba yang selalu menekuni do’a dan dzikir setiap hari dan setiap waktu, termasuk didalamnya membaca Al- Qur’an setiap hari, karena Al-Qur’an adalah sebaik-baik dzikir. dan senantiasa berdo’a dan mengikhlaskan ibadah hanya kepada Allah saja., menjauhkan sifat lalai, maka Allah akan menghidupkan hatinya dan memberikan cahaya hatinya.

Maka dari itu mengingat keutamaan do’a dan dzikir yang begitu besar, sudah sepantasnyalah kita membiasakan diri dan anak-anak kita untuk senantiasa berdzikir dan berdo’a kepada Allah.

Sedari dini, kita mulai memperdengarkan kepada anak-anak kita do’a dan dzikir serta ayat-ayat Al-Qur’an..

Sehingga mungkin awalnya mereka hanya terbiasa, akhirnya sedikit demi sedikit bisa menghapalkannya..

Tapi bagaimana caranya ya..sedangkan para orang tua masih banyak yang belum menghapalkan berbagai macam do’a yang dicontohkan oleh Rasulullah, kenapa harus contoh dari Rasulullah??!!

Karena do’a adalah ibadah..dan ibadah tidak akan diterima kecuali dengan syarat ikhlas dan ittiba’ (sesuai sengan contoh yang dicontohkan Rasulullah shalllallaahu ‘alaihi wasallam.

Itulah yang memotivasi kami untuk ke depannya mencoba membuat postingan tentang do’a dan dzikir sehari-hari sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan hadits yang shahih.. Sebagai sarana bagi kita untuk sama-sama lebih dekat kepada Allah subhaanahu wa ta’aala.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...