Sabtu, 08 Maret 2014

Do'a Hujan

Musim hujan nampaknya sudah mulai menyapa kotaku (Makassar), walaupun di beberapa daerah memang benar-benar sudah memasuki musim ini....

Setelah melalui musim kemarau yang terkadang terasa sangat panjang, ditambah dengan krisis air dimana-mana, tak terkecuali di kompleks tempat tinggal kami saat ini, kekurangan air begitu sangat terasa.

Tanaman menjadi agak kering, kolam ikan yang hari demi hari semakin menyusut airnya, yang mungkin dipengaruhi suhu panas sehingga airnya menguap..

Turunnya hujan menjadi nikmat yang luar biasa..

Hujan merupakan rahmat bagi semesta alam.. manusia, hewan dan binatang sangat merasakan nikmat yang besar dengan turunnya hujan.

Allah berfirman yang artinya :
" Dan dialah yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan dialah yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji" (Q.S. Asy-Syuraa :28)

Namun hujan bisa menjadi bencana atau musibah yang sebenarnya semua karena ullah tangan manusia, buang sampah sembarangan terutama di saluran-saluran air, penebangan pohon dimana-mana. Belum lagi maksiat yang kita lakukan, dalam sebuah hadits dikatakan :

“Jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat mendung atau angin, maka raut wajahnya pun berbeda.” ‘Aisyah berkata, “Wahai Rasululah, jika orang-orang melihat mendung, mereka akan begitu girang. Mereka mengharap-harap agar hujan segera turun. Namun berbeda halnya dengan engkau. Jika melihat mendung, terlihat wajahmu menunjukkan tanda tidak suka.” Beliau pun bersabda, “Wahai ‘Aisyah, apa yang bisa membuatku merasa aman? Siapa tahu ini adaah adzab. Dan pernah suatu kaum diberi adzab dengan datangnya angin (setelah itu). Kaum tersebut (yaitu kaum ‘Aad) ketika melihat adzab, mereka mengatakan, “Ini adalah awan yang akan menurunkan hujan kepada kita.” (H.R. Bukhari dan muslim)

Maka sebaiknya pada saat turun hujan sebaiknya kita berdo'a kepada Allah, do'a yang diajarkan sendiri oleh Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam.

Do'a-do'a berkaitan dengan hujan bisa di download di sini.
Yang terdiri dari 5 macam do'a yang berkaitan dengan hujan

  1. Do'a Ketika turun Hujan
  2. Do'a ketika mendengar petir/halilintar
  3. Do'a Ketika Angin berhembus kencang
  4. Do'a Setelah hujan
  5. Do'a meminta hujan (sebenarnya do'a ini pada saat kemarau dan kita menginginkan turunnya hujan, namun karen ada kaitannya dengan hujan maka kami include kan dalam file ini)


Untuk kita ajarkan kepada buah hati kita, dan kalau belum menghapalkannya, maka kita yang menghapalkan lebih dahulu. Sehingga bisa menjadi tambahan pahala buat kita. Karena sesungguhnya do'a adalah ibadah.
Dan mudah-mudahan dengan kita mengamalkan sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam , hujan yang diturunkan kepada kita merupakan rahmat-Nya bukan adzab-Nya..


Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...