Selasa, 16 Desember 2014

Nasihat berharga Rasulullah kepada Ibnu Abbas

عَن أَبِيْ عَبَّاسٍ رَضِيَ الله عَنْهُمَا قَالَ كُنْتُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا فَقَالَ يَا غُلَامُ إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ اِحْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ اِحْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللهَ وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَاعْلَمْ أَنَّ الْأُمَّةَ لَوِ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوْكَ بِشَيءٍ لَمْ يَنْفَعُوْكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ لَكَ وَإِنِ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوْكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ رُفِعَتِ الأَقْلَامُ وَجَفَّتِ اصُّحُفُ

“Dari Abu Abbas, Adullah bin Abbas radhiyallaahu  ‘anhumaa  berkata, Aku berada di belakang (membonceng) Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam  pada suatu hari, lalu berliau bersabda, “Wahai anak, akan aku ajarkan kepadamu beberapa kalimat, ‘Jagalah Allah niscaya Allah akan menjagamu, jagalah Allah niscaya engkau dapatkan Dia di hadapanmu. Apabila engkau memohon, mohonlah kepada Allah, apabila engkau meminta pertolongan, minta tolonglah engkau kepada Allah. Ketahuilah bahwasanya seandainya umat ini berkumpul untuk memberikan kemanfaatan kepadamu dengan sesuatu niscaya mereka tidak akan dapat memberikan kemanfaatan kepadamu sedikitpun melainkan dengan apa yang telah Allah tetapkan untukmu. Dan sekiranya mereka berkumpul untuk menimpakan mudharat atas kamu dengan sesuatu, niscaya mereka tidak akan mampu menimpakan mudharat atas kamu sedikitpun melainkan dengan apa yang telah Allah tetapkan bagimu. Telah diangkat pena dan telah kering lembaran. “ (H.R Tirmidzi, beliau berkata, hadits hasan shahih)

4 komentar :

  1. Sungguh bikin hening seketika saat membaca kalimat "Jagalah Allah".. selama ini kita selalu meminta untuk dijaga Allah.. sungguh kita manusia2 egois ya..

    BalasHapus
  2. Masya Allah... Hebat sekali nasihat Beliau

    BalasHapus

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...