Jumat, 04 April 2014

Reisha si pengusaha Cilik

"Wah keren, kak Marisa Agustina terbitin buku".. jeritku dalam hati sewaktu melihat statusnya wara wiri di beranda facebook.
Suprise banget, ternyata selama ini kak Icha punya bakat menulis fiksi anak.

Saya mengenal kak Icha (panggilan akrab untuk kak Marisa Agustina) sebenarnya belum lama, seniorku di fakultas elektro Unhas yang kutemukan di jejaring sosial (baca: facebook). Kami bertemu di salah satu group kepenulisan, start yang hampir bersamaan, membuat blog, ikutan give away (lomba blog).
Sayangnya setahun terakhir, bisa dikatakan saya tidak begitu aktif lagi di dunia kepenulisan, di group pun hanya numpang lewat saja.
Dan ternyata baru sadar kalau sudah tertinggal cukup jauh dari teman-teman. Beberapa sudah menelorkan buku, sementara diriku masih menghimpun tenaga untuk memulai kembali.

Termasuk diantaranya k Icha, tanpa pikir panjang saya langsung memesan bukunya. Motivasi awal membeli buku ini karena ingin melihat bagaimana talenta kak Icha dalam menulis fiksi anak karena selama ini tahunya tentang tulisan-tulisannya dalam bentuk non fiksi yang dituangkan melalui blog pribadinya.
Ketahuan deh maksudnya...hehehe

Selain itu, tentunya sebagai koleksi bacaan untuk anak-anak.
Akhirnya, buku ini sampai juga di tanganku dengan memesan langsung ke empunya buku, eh plus tanda tangan lagi... Kebayang k icha yang mendadak bak selebritis menandatangani banyak buku..hehehe..

Ternyata bukunya baguuss... Ini sedikit ulasanku tentang buku ini..
"Reisha Pengusaha Cilik", hmm....melihat judulnya... Pemilihan nama nampaknya ga jauh-jauh dari nama penulis sementara tema yang diusung selaras dengan usaha barunya saat ini di bidang kuliner (benar nggak k icha..hehe)

Dari sisi fisik dan pemaparan cerita, nampaknya buku yang berdimensi kurang lebih (14x20x0,7)cm ini ditujukan untuk usia sekolah karena didominasi dengan tulisan dibanding gambar. Bisa dikatakan buku ini disajikan dalam bentuk novel anak *)
Karena itu, anak-anakku yang masih usia pra sekolah malas membacanya dan seperti biasa dirikulah yang menjadi "pendongeng" untuk mereka.

Senang dengan bukunya. Ceritanya mengalir ringan dan "manusiawi", konflik yang disajikan pun rasional untuk usia anak-anak.
Tapi ada yang sedikit mengganjal, Reisha yang digambarkan masih duduk di kelas 1 SD nampaknya terlampau cerdas untuk anak seusianya. Untuk skala keumuman, menurutku sih tepatnya di usia duduk di bangku kelas 3 SD atau setelahnya. Tapi gapapalah, anak-anak sekarang udah cepat berpikiran dewasa...hihi..

Jujur, saya sangat menikmati alur cerita yang disampaikan melalui buku ini. Bagi penikmat fiksi insya Allah mengakui hal ini.
Gadis kecil berjilbab yang memiliki jiwa enterpreneur yang tinggi. Kecil-kecil sudah memiliki bakat sebagai wirausaha dengan menjual puding coklat buatan ibunya. Semangat berwirausahanya ini ternyata menular ke teman lainnya, contohnya si Agil yang digambarkan dalam buku ini sebagai sosok antagonis mendadak jadi pesaing Reisha dengan menjual mainan di kelas (tapi jangan membayangkan sosok antagonis yang di sinetron-sinetron indonesia yah... Yang kadang lebay menggambarkan sosok antagonis pelakunya. Sampai menghalalkan segala cara untuk mewujudkan keinginannya..ckkck)

Sempat terbawa suasana juga sewaktu Reisha pertama kali bertemu ayahnya sepulang berlayar selama berbulan-bulan. Gimanaa gitu.
Dalam buku ini juga digambarkan bagaimana jiwa sosial Reisha terhadap nenek si Pemulung...seorang nenek yang secara tak sengaja bertemu dengan reisha sewaktu bersepeda sepulang sekolah
So far, buku ini insya Allah bagus untuk direkomendasikan ke anak-anak, ada beberapa pelajaran yang bisa diambil. Memicu semangat berwirausaha anak-anak sejak dini, lika-likunya...bagaimana mengahadapi pesaing dengan akhlak yang baik, serta memupuk jiwa sosial...
Endingnya pun menyenangkan ^_^

Buat teman-teman blogger, silahkan membaca cerita lengkapnya dengan membeli bukunya. Insya Allah hadiah manis untuk anak-anak.

Untuk kak Icha, semoga sukses bukunya laris manis...terus semangat menyajikan karya-karya bermutu untuk anak-anak.
Sudah lama pengen menulis tentang buku ini tapi susahnyaaaaa merangkai kata. Kalau ada kesalahan silahkan dikoreksi ya kak...

*) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...