Rabu, 11 Februari 2015

Hari-hari yang menyibukkan, di dunia maya dan "nyata"

Sepekan terakhir ini saya betul-betul sok sibuk baik di dunia maya maupun “nyata”. Beberapa tugas belajar yang betul-betul perlu untuk memanajemen waktu dengan baik.

Gambar ambil di sini


Seperti kesibukan di dunia maya akhir-akhir ini, tepatnya di beberapa group whatsapp yang saya ikuti. Ingin melepaskan tapi betul sarat dengan ilmu dan pembelajaran dan untuk sementara betul-betul saya butuhkan karena keterbatasan saya untuk memenuhi keinginan belajar tersebut di dunia “nyata”.

Sebut saja beberapa group belajar yakni group tahsin, Jodoh (just one day one hadits), dan juga masih bergelut menjadi musyrifah (pendamping) di program BISA seperti yang pernah saya ceritakan di sini.

Sering ada keinginan untuk melepaskan salah satu di antaranya, tapi betul-betul saya akan sangat merasa rugi.

1.       Tahsin

Gambar ambil di sini

Awalnya group ini adalah group tahfidz (menghafal Qur’an) ,namun karena kebanyakan peserta (termasuk saya) masih belum sempurna dalam hal tajwid Al-Qur’an, maka pengajar berinisiatif untuk membentuk group tahsin.

Terus terang saya sangat bersyukur sudah bergabung di group ini, karena saya sudah sejak lama saya mencari kelompok belajar dalam hal tajwid Al-Qur’an tapi selalu terkendala dengan waktu dan kondisi. Yang saya suka dalam pembelajaran ini, pengajar betul-betul sangat berkompeten di bidangnya.

Insya Allah setelah pembelajaran tahsin ini akan dilanjutkan dengan tahfidz (menghafal Al-Qur’an). Alangkah indahnya jika kita dapat menghafalkan Al-Qur’an dengan tajwid yang benar. Jadi tidak heran bukan jika saya sangat merasa rugi jika harus melepaskan group ini??

2.       Jodoh (Just One Day One Hadits)



Jodoh merupakan program lanjutan dari program BISA yang pernah saya ceritakan di sini. Salah satu program hafalan yang menurutku sangat luar  biasa. Dalam waktu 2 bulan kita terkondisikan untuk menghafalkan sebanyak 50 hadits. Dengan metode sederhana namun sangat efektif untuk membiasakan kita menghafal hadits.

Menghafal hadits memiliki seni tersendiri, yang tentunya sedikit berbeda dengan menghafal Al-Qur’an karena tidak terlalu terikat dengan kaidah tajwid namun tetap menjaga makharijul huruf (tempat keluarnya huruf) dan perbedaan panjang dan pendeknya.

Metode menghafal haditsnya pun sangat cocok untuk pemula karena dimulai dengan hadits-hadits yang tidak terlalu panjang serta tidak dilengkapi dengan sanad, tetapi tetap disertai dengan derajat dan perawi hadits.

Tidak sekedar menghafal hadits, bertambahnya hafalan semakin bertambah pula ilmu yang diketahui, apalagi selalu ada penjelasan singkat dari hadits yang dihafalkan. Kegiatan menghafal hadits dibagi perlevel, tiap level terdiri dari 50 hadits. Alhamdulillah sekarang sudah mendekati ujian di akhir level dua.


3.       Musyrifah di program BISA


Sebagai alumni dari program BISA tentu ada tanggung jawab moril, menjadi seorang musyrifah (pendamping) dalam salah satu kelas di angkatan yang baru juga bermanfaat untuk menyegarkan ilmu tentang ilmu dasar sharaf. Walau sempat berpikir, terima tidak ya?? Akhirnya saya terima, dengan pemikiran kapan lagi bisa me-muroja’ah (mengulangi ) pelajaran??
Walau kesibukan saat mengoreksi tugas audio dan tulisan peserta sudah terbayang, tapi bismillah  saja. Bersabar untuk melalui 2 bulan ini.

= = =
Dengan melihat kesibukan belajar via whatsapp  di atas, tentu sahabat paham bukan kenapa saya sangat tidak ingin melepaskan group-group tersebut?? Sangat sarat dengan ilmu. Walau di usia kepala tiga, tidak menyurutkan keinginan untuk terus dan terus menuntut ilmu.
Kesibukan di dunia “nyata” tidak kalah. Kuliah intensif tentang ilmu-ilmu Islam secara tatap muka yang saya ingin ikuti  sebentar lagi dimulai, mengajar santri TPA tiap sore, dan yang paling utama mengurus rumah tangga dan mendidik anak-anak. 
Komitmen postingan blog dalam tiap pekan tidak ketinggalan dong ya.
Postingan ini juga dalam rangka komitmen itu ^_^

Semoga diberikan kekuatan dan keistiqomahan. Mudah-mudahan ini juga sebagai tempaan agar lebih bisa melatih manajemen waktu dengan baik agar semua bisa berjalan maksimal. Laa haula walaa quwwata illaa billah

2 komentar :

  1. Salut bangeett... kegiatannya banyak dan semangat utk terus belajar masih tinggi.

    BalasHapus
  2. Kalo boleh tau group tahsinnya gimana ya cara daftarnya ?

    BalasHapus

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...