Selasa, 25 November 2014

Aplikasi berbasis smartphone dari Yufid. Recommended!!

Pilihan aplikasi sedemikian bertebaran di jagad smartphone, terkadang bingung untuk memilih aplikasi yang ada. Salah satu aplikasi yang menarik untuk saya yakni aplikasi yang merupakan produk Yufid. Aplikasi yang sebagian besar berbasis islami dengan desain grafis yang menarik, dan tentunya sangat bermanfaat bukan hanya untuk kita tapi juga anak-anak kita.

Karena ingin mengenal Yufid lebih dekat, saya mencoba berkunjung ke website resminya www.yufid.org.
Yufid ternyata merupakan tim kreatif, kata Yufid terinspirasi dari kata kerja Bahasa Arab يفيدyang memiliki art "memberikan faidah" atau "memberikan manfaat".
Sedari awal, Yufid berkomitmen untuk memberi manfaat kepada kaum muslimin secara khusus dan seluruh umat manusia secara umum. Bidang garapannya adalah industry kreatif di bidang pendidikan dan dakwah dengan mengembangkan konten dan produk digital yang memiliki jaringan media pendidikan Islam yang diberi nama Yufid Network

Salah satu produk dari Yufid Network ini adalah aplikasi mobile untuk Android, Iphone, Ipad, Windows Mobile dan Windows 8. Dan ternyata didownload lebih dari 50.000 kali setiap bulan. Wow, amazing!

Kebetulan karena gadget yang saya miliki berbasis Android, alhamdulillah sudah mendownload beberapa aplikasi buatan Yufid, diantaranya :

1.      Yufid TV
Merupakan aplikasi yang menyajikan video-video pendidikan Islam, baik berupa rekaman video kajian Islam, kisah singkat pengunggah jiwa, motivasi Islami, maupun nasihat ringan penyejuk hati J.
 
Tampilan aplikasi Yufid TV
2.      Hisnul Muslim
Aplikasi yang merujuk pada buku Hisnul Muslim karya Syekh Said bin Ali bin Wahf Al Qahtani. Berisi dzikirdan  do’a-do’a sehari-hari yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Berisi 128 dzikir dan do’a ditambah dengan point tentang keutamaan tahmid, tahlil dan takbir, bagaimana cara membaca tasbih dan beberapa adab kebaikan.

Tampilan aplikasi Hisnul Muslim
3.      Kisah Muslim
Aplikasi menarik berisi kisah para nabi, sahabat, orang-orang shalih dan para ulama, dongeng-dongeng masa silam yang tidak ada asal-usulnya (sebagai upaya pelurusan sejarah), kisah umat terdahulu dan masa depan yang berisi hikmah dan pelajaran, serta kisah mualaf yang direngkuh hidayah Islam.

Tampilan aplikasi Kisah Muslim
4.      Tanya Ustadz
Merupakan aplikasi resmi dari www.konsultasisyariah.com yang menyajikan berbagai Tanya jawab dalam permasalahan sehari-hari sesuai dengan syariat Islam.

Tampilan aplikasi Tanya Ustadz
Kita juga bisa bertanya langsung dengan mengisi kolom di bawah ini.


Nah, contoh jawabannya seperti berikut



5.      An-Nawawi’s Forty Hadiths
Berisi hadits-hadits yang termasuk dalam kitab Arbain karya imam An-Nawawi yang masyhur (terkenal), berisi 42 hadits lengkap dengan terjemahannya
Hadits Arba’in termasuk hadits yang banyak dihafalkan, jadi aplikasi ini sangat membantu untuk menghafal maupun menambah ilmu dari hadits-hadits Rasulullah walau di dalamnya tidak terdapat penjelasan  hadits.

Tampilan aplikasi An-Nawawi’s Forty Hadiths

6.      Resala Azkar
Salah satu aplikasi favoritku, berisi dzikir-dzikir yang dibaca pagi dan petang yang memiliki bnayak keutamaan, serta bacaan setelah shalat. Jadi di dalam aplikasi ini ada 3 bagian: dzikir pagi, dzikir petang dan dzikir setelah shalat.

tampilan aplikasi Resala Azkar
7.      Resala Eid
Berisi penjelasan tentang hal-hal yang berhubungan dengan hari Ied, yaitu, Idul, Fitri, Idul Adha, Zakat fitri dan Qurban. Tentunya dalam setiap ibadah butuh ilmu kan? Termasuk dalam hal berhari raya.

Tampilan aplikasi Resala Eid
8.      Simple Qur’an
Terlihat sederhana, tanpa terjemahan, sesuai dengan visualisasi Al-Qur’an yang sebenarnya. Dan disitulah letak kelebihannya, salah satunya sangat dibutuhkan bagi yang terbiasa menghafal Al-Qur’an dengan mushaf yang sama, terutama dari sisi peletakannya J

tampilan aplikasi Simple Qur'an
9.      Yufid KBBI
Sebuah aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia.



Selain kesepuluh aplikasi di atas ada juga aplikasi Resala Ramadhan dan Yufid Store. Tak lupa Yufid menyediakan aplikasi mobile khusus untuk anak-anak, insya Allah pada postingan selanjutnya.

Aplikasi yang sangat-sangat bermanfaat bukan?. Ini sebagai bukti bahwa segala potensi yang ada pada diri bisa dimaksimalkan agar bisa bermanfaat bagi orang banyak terutama dalam berdakwah seperti yang dilakukan tim Yufid dengan kemampuan di bidang teknologi dari sumber dayanya. Semoga semua bernilai amal jariyah di sisi-Nya dan berbuah pahala. Tetap ditunggu inovasi-inovasi selanjutnya.

Buat sahabat, semoga aplikasi ini bermanfaat. Selamat mendownload ^_^

2 komentar :

  1. Masya Allah, sharingnya manfaat banget mbak. Sudah lama cari yang seperti itu. Kebetulan saya juga pakai andro.
    Jazakillah khoir mbak. Informatif bingiiits.

    BalasHapus

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...