Rabu, 26 November 2014

Aplikasi belajar Islami untuk anak, persembahan Yufid

Tidak dapat dipungkiri, keberadaan gadget berupa smartphone ataupun tablet yang kita gunakan, mau tidak mau turut menarik perhatian anak-anak kita. Menjauhkan mereka secara total juga rasanya cukup sulit. Yang bisa dilakukan hanyalah meminimalisir interaksi tersebut dengan menetapkan timing tertentu buat mereka.

Selain membatasi penggunaan gadget tersebut, salah satu usaha agar penggunaan gadget-gadget tersebut dapat bernilai manfaat untuk mereka dengan menyediakan aplikasi-aplikasi sebagai sarana belajar untuk mereka, alangkah baiknya juga jika sarana belajar tersebut mengandung nilai-nilai Islami.

Alhamdulillah, Yufid seebagai penyedia aplikasi yang bergerak di bidang pendidikan dan dakwah juga menaruh perhatian pada penddiidkan generasi berikutnya dnegan membuat aplikasi mobile, khusus untuk anak-anak.

Aplikasi tersebut di antaranya :

1.       Moslem Kids Series: Dua


Aplikasi favorit anak-anak, yang berisi beberapa do’a sehari-hari untuk anak muslim dan sesuai dengan Al-Qur’an dan As Sunnah. Sejujurnya, aplikasi yang mengantar kami untuk mendownload aplikasi-aplikasi Yufid yang lainnya adalah aplikasi ini karena desain grafisnya yang menarik. Salah satu daya tariknya juga terdapat pada audio dari lafadz bacaan do’a, yang dilafadzkan oleh seorang anak sehingga anak-anak yang mendengarnya juga akan tertarik, begitu pula dengan tambahan ilustrasi suara tambahan seperti, suara air, suara ayam berkokok dll.

2.       Hijaiya-Arabic Alphabet


Merupakan sarana belajar huruf hijaiyah untuk anak-anak, baik pengucapan maupun cara menulisnya. Anak-anak insya Allah suka ^_^

3.       Mufradat – Arabic Vocabulary


Nah, aplikasi ini adalah sarana untuk anak dalam mempelajari kosakata sederhana yang menggunakan 2 bahasa Arab - Inggris dilengkapi dengan audio bacaan. Dilengkapi dengan cara belajar menulis kosakata bahasa Arab, dengan point maksimal mendapat 6 bintang

4.       Muslim Kids Series : Wudu


Aplikasi yang mirip dengan aplikasi pada point pertama. Aplikasi ini khusus mengajarkan anak tentang tata cara wudhu.

5.       Abata Hijaiyah


Aplikasi yang mirip dengan Hijaiyah-Arabic Alphabet, perbedaannya, untuk aplikasi ini dilengkapi dengan contoh katanya. Dan tidak ada bagian untuk belajar menulis huruf hijaiyah. Yang jelas ini merupakan pilihan-pilihan alternative untuk anak dalam belajar huruf hijaiyah.

5.       Kids Qur’an



Al-Qur’an yang dirancang khusus untuk anak-anak. Surah yang tercantum di dalamnya hanya Q.S Ad-Dhuhaa (93) hingga Q.S An-Naas (114). Sepertinya memang hanya diperuntukkan utnuk membiasakan anak-anak dengan bacaan Qur’an serta sarana untuk menghafalkan surah-surah pendek. Audio untuk bacaan lafadznya pun menarik karena dibacakan oleh anak-anak sebagaimana audio bacaan pada aplikasi-aplikasi sebelumnya.

Senangnya jika semakin banyak aplikasi-aplikasi digital karya anak bangsa terutama kaum muslimin sebagai penyeimbang terhadap aplikasi atau game-game yang lebih bersifat merusak moral dan mental anak-anak.
Terkhusus tim yufid, jazaakumullah khairan atas usahanya untuk menjadi bagian yang turut memikirkan pendidikan generasi penerus….


Semoga bermanfaat ^_^

10 komentar :

  1. waah... aplikasi yg bermanfaat utk anak2 kita ya...

    BalasHapus
  2. Bagus ya .... Ana jual ini juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nda jual kak, ini aplikasi gratis, Bisa dicari di playstore kalau menggunakan gadget ber-OS Android, di OS lainnya juga tersedia

      Hapus
  3. Aplikasi keren, memang saat ini aplikasi seperti inilah yang sangat perlu buat anak-anak secara menghalangi meereka untuk mengeksplor gadget di jaman ini addalah suatu hal yang sulit ummi, Thanks sudah berbagi. sekedar info siapa tahu ada yang berminat membeeli aplikasi hafizh Quran dan Learn Islam, suatu aplikasi keren yang lengkap saya punya produknya ummi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke. Kalau berminat nanti saya hubungi insya Allah

      Hapus
  4. Kereeen.. Nah, aplikasi kaya gini yang diperlukan anak-anak ya mbak. Infonya bermanfaat :)

    BalasHapus
  5. saya ingin belikan android yufidz utk anak saya umur 5 tahun yg ada game islami dan edukatif. belinya di mana ya Bun?

    yhan Arya - Bali
    WA ; 085333374125

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasinya ada kok pak di play store. Cukupsearch kata "yufid" in syaa Allah akan muncul beberapa aplikasi yufid untuk anak dan dewasa

      Hapus

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...