Sabtu, 04 Maret 2017

Manajemen waktu, langkah awal sebagai manajer keluarga handal

Sudah berapa lama anda melaksanakan peran sebagai ibu? Apakah lebih dari 10.000 jam? Kalau iya, mengapa kita hari ini tidak menjadi ahli dalam manajemen keluaga? Klo iya, mengapa kita tidak ahli dalam pendidikan anak dan keluarga. Jawabannya hanya satu, karena selama ini kita hanya sekedarn menjalankan peran kita sebagai ibu. (bunda Septi Peni Wulandari, founder IIP)

Dalam Institut Ibu Profesional, ada 4 hal yang menjadi perhatian dalam memasuki jenjang ibu profesional
  1. Put first think first, letakkan seuatu yang utama menjadi yang pertama 
  2. One by at a time, lakukan setahap demi setahap 
  3. Delegating. Seluruh tanggung jawab ada pada kita, melatih, kerjakan, tingkatkan, latih, kerjakan, percaya, dan seterusnya.
Alhamdulillah, kami peserta matrikulasi Ibu Profesional sudah masuk pada pekan ke 6 yang berarti sudah memasuki nice homework ke 6 (NHW #6)

Berikut prolog NHW #6 kali ini

Bunda, sekarang saatnya kita masuk ke dalam tahap “belajar menjadi manajer keluarga yang handal”.
Mengapa? Karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah bunda mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya.
Ada hal-hal yang kadang mengganggu proses menemukan peran hidup yakni RUTINITAS.
Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita MERASA SIBUK sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.

Saya adalah seorang ibu, dan ingin meningkatkan peran saya untuk tidak sekedar menjalankan peran menjadi seorang ibu.

Untuk itu, melalui nice homework kali ini, saya akan mencoba mengikuti tahapan-tahapan yang diarahkan kepada kami :

Menuliskan 3 aktifitas yang paling penting
  1. Ibadah (shalat, hafalan qur’an, tadarus) 
  2. Membersamai anak-anak 
  3. Memasak

Menuliskan 3 aktivitas yang paling tidak penting
  1. Fesbukan 
  2. Ngobrol dengan tetangga 
  3. Membalas chatting
Waktu selama ini habis untuk kegiatan yang mana?

Jujur, selama ini waktu habis untuk rutinitas harian membereskan rumah. Seperti menyapu, mencuci baju, menjemur, melipat pakaian, mencuci piring, menyiram tanaman, dan hal-hal lainnya yang masih seputar membereskan rumah.

Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda

Baiklah, sekarang saya harus berusaha fokus dengan apa yang menurut saya memang paling penting untuk saya kerjakan di setiap harinya. Dengan menempatkannya pada alokasi waktu yang menurut saya paling berkualitas yaitu pukul 08.00-09.00, 10.00-15.00 dan 20.00-21.00.

Mengumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu dan berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time

Ini yang terasa cukup beraaat. Yakni mematuhi cut off. Terkadang saking asyiknya beberes rumah, tiba deadline waktu masiiiiih aja melanjutkan, dengan alasan “tinggal dikit”, “tanggung”, dsb... hehe...
Bismillah, saya akan membuat kandang waktu dari 04.00-08.00, 09.00-11.00, 18.00-20.00
Yang isinya aktifitas rutinitas keseharian yang selama ini menghabiskan banyak waktu.

Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan


Amati selama satu pekan pertama, apakah terlaksana dengan baik? Kalau tidak segera revisi. Kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.

Bismillah....
>> Menuju ibu profesional, in syaa Allah

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...