Minggu, 29 Januari 2017

Khadijah dan buku



Beberapa hari belakangan ini, Khadijah (menjelang 4 tahun) lagi senang-senangnya membaca buku. Buku serial anak miliknya, yang memang cocok untuk anak yang baru pandai membaca. Tulisan dengan paragraf yang tidak begitu banyak serta gambar yang menarik. Buku yang dia beli sekitar 2 tahun yang lalu, sewaktu menemani kakaknya membeli buku di sebuah toko buku di Makassar. Betapa senangnya dia sewaktu kami juga memilihkan buku untuk dia waktu itu, dan mengatakan “Ini untuk Khadijah”...

Ini salah satu cara kami dalam mengakrabkan anak-anak dengan buku, walaupun dia sama sekali belum tahu membaca karena tugas kami atau kakaknya yang membacakan untuknya.
Toko buku memang selalu menjadi tujuan pertama kami saat berkunjung di sebuah pusat perbelanjaan, dan mempersilahkan mereka untuk membeli satu atau dua buah buku untuk dibawa pulang, walau tetap tugas kami untuk menyeleksi buku pilihan mereka kalau misalnya mendapatkan buku yang “kurang sesuai” untuk mereka.

Alhamdulillah, anak ini sudah pandai membaca sebelum adiknya lahir, tapi tampak dia masih tidak tertarik membaca paragraf yang panjang. Kalau dia mendapati sebuah buku, hanya tertarik membaca judulnya saja. 

Entah kenapa hari-hari belakangan ini dia sudah mulai senang membaca paragraf yang panjang, bukunya dibawa kemana-mana. Sambil tak hentinya menanyakan jika ada kata yang tidak dia mengerti serta mencocokkan kalimat yang dia baca dengan ilustri gambar di halaman yang sama. Dua hari ini saya mendapatinya tertidur bersama bukunya.









Tertidur di sisi bukunya
 
Baarakallaahu fiyk anandaku. Semoga istiqomah hingga engkau dewasa.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...