Selasa, 05 Maret 2019

Manajemen kresek


Apa saya saja yang berpikiran manajemen kresek itu penting??

Bagi seorang ibu rumah tangga, berinteraksi dengan yang namanya kantung plastik (kresek) itu sangat sering kan ya, terutama setelah berbelanja. Mulai dari ukuran yang kecil hingga yang paling besar.

Terus terang selama ini kepikiran, melihat kresek yang bertambah setiap waktu. Walapun kita sudah berusaha menguranginya, tetap saja bertambah -_-.

Disimpan di wadah tertentu agar lebih rapi, tapi saat dibutuhkan, dibongkar lagi untuk mencari ukuran yang sesuai. Akhirnya berantakan kembali. Begitu seterusnya.

Sebenarnya sudah dari duluuuuuuu ingin mengatur kresek-kresek ini, ada sih salah satu cara menyimpan kresek yang beredar di sosmed yakni dengan menaruhnya dalam wadah seperti tempat tisu dan klo dibutuhkan tinggal menariknya selayaknya selembar tisu. Pernah dicoba, tapi kekuarangannya, kresek-kresek itu menjadi tidak rapi kelihatannya. Padahal kan, lebih nyaman menggunakan kresek yang lebih rapi. Itu menurut saya loh ya.

Salah satu cara agar dia rapi menurut saya yaitu melipatnya dengan rapi. Kurang kerjaan banget ya, pakaian yang bertumpuk masih menjadi pikiran, ini kresek segala yang mau dilipat rapi hahaha...

Akhirnya, saya mencoba meluangkan satu waktu untuk menangani kresek-kresek ini, walau pekerjaan rumah sedikit terbengkalai. Lagian tidak setiap hari juga urusan kresek ini.

Tahapan pertama yang kulakukan adalah menyusun lembaran-lembaran kresek ini sesuai ukurannya sebelum melipatnya.

Tahapan kedua, melipat kresek-kresek tersebut dengan cara tertentu hingga tidak mudah terbongkar lipatannya (cara ini terinspirasi dari mertua).

Tahap terakhir yakni menaruh kresek tersebut di wadah berbeda sesuai klasifikasi ukurannya. Saya membaginya menjadi size XS, S, M, L dan XL (kayak size pakaian saja hehe).




Walaupun sangat melelahkan saudara-saudara, karena kresek ini lumayan banyak. Namun setelahnya, saya sangat lega. Tidak lagi melihat kresek yang bertumpuk yang menurut saya sangat merusak pemandangan, tidak lagi membuka lipatan kresek untuk mencari ukuran yang diinginkan karena semua sudah diklasifikasikan sesuai ukuran. Dan yang lebih penting, setelah itu saya lebih memeperhatikan masalah kresek, kresek baru segera dilipat dan tidak dibiarkan begitu saja (kebayang kalau harus mengatur tumpukan kresek lagi). Kresek yang sekiranya masih bisa digunakan dan agak kotor seperti bekas sayuran dicuci terlebih dahulu kemudian dijemur untuk dikeringkan (terinspirasi dari kakak ipar ^_^).

Repot? Nggak kok. Coba deh tips sederhana ini. Atau ada cara yang lebih efektif? Sharing yuk!

Update :

Alhamdulillah sekarang sudah mulai mengurangi penggunaan kresek, seiring dengan kampanye mengurangi sampah plasti dimana-mana. Ke pasar menggunakan keranjang belanja sendiri dan berusaha menggunakan kresek bekas jika diperlukan.

Ke minimarket juga berusaha membawa kantung kain sendiri, begitupula jika ingin membeli makanan jadi. Sebisa mungkin menggunakan wadah sendiri. Kecuali lupa membawa dari rumah -_-
Belum maksimal sebenarnya, tetapi setidaknya sudah mulai mengurangi sedikit demi sedikit.

Paser, 6 Maret 2019

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...