Jumat, 08 November 2013

Metode pembelajaran


Semua bahan-bahan pembelajaran dalam blog ini semuanya menggunakan metode yang sama, yaitu metode "Iqro'". Mulai dari ebook Iqro' itu sendiri yang sudah sangat familiar di masyarakat sampai pada Flash Card belajar huruf dan angka.

Mengapa kami menggunakan metode ini? Karena metode ini ternyata efektif diterapkan pada buah hatiku. Mereka terbukti sangat mudah menyerap pembelajaran yang diberikan dengan metode ini. Walaupun mungkin setiap anak berbeda..dan begitu banyak metode pembelajaran dan ini adalah pilihan "bebas"untuk kita. Kami hanya ingin berbagi..

Hal sederhana yang sangat perlu diingat dalam penerapan metode ini

Jangan berpindah ke huruf atau angka yang lainnya sebelum selesai satu huruf atau angka yang satu, berpindah pada saat si anak sudah betul-betul menguasai huruf atau angka yang diajarkan

Itu saja!!
Dengan metode ini si anak sudah terbiasa mengetahui sesuatu secara acak, bukan menghapal..
Dalam metode membaca, sang anak tidak diajarkan menghapal semua jenis huruf satu persatu tetapi diajarkan dalam bentuk suku kata. Baik huruf latin maupun hijaiyah..

Untuk bacaan latinnya, dahulukan mengajarkan huruf vokal terlebih dahulu sebelum ke suku kata yang lainnya.

Mohon maaf sebesar-besarnya karena dalam pembuatan bahan belajar ini tidak bisa sekaligus, karena saya juga seorang ibu rumah tanggga yang mempunyai tugas utama mengurus suami dan si kecil.. Tapi kami akan terus berusaha, karena basicnya kan ebook dan flash cardnya dibuat pertama kali buat si kecilku..

Saran dan kritik mengenai bahan-bahan pembelajaran yang bersifat membangun sangat diharapkan untuk manfaat bersama.

Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syukron telah membaca postingan kami, silahkan meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...